Penandatanganan SAKIP Pemkot Kupang

Walikota Kupang Teken SAKIP Bersama Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkot Kupang

Daerah Timor

Kupang, SorotNTT.com – Pemerintah Kota Kupang, melalui Bagian Organisasi Setda Kota Kupang melaksanakan kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja antara Walikota Kupang dengan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang tahun 2019 yang bertempat di Hotel Silvia Premier Kupang, Kamis (14/03/2019).

Hadir pada acara tersebut Walikota Kupang, Ketua DPRD Kota Kupang, Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1 A Kupang, Kapolres Kupang Kota, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Kupang, Pj. Sekda Kota Kupang, Biro Organisasi Setda Provinsi NTT, dan Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemkot Kupang.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Kupang, Hasan E. Nirwana, SH. M,Si, penandatanganan perjanjian kinerja ini merupakan salah satu tahap SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang termuat dalam Perpres Nomor 29 tahun 2014.

Penandatanganan SAKIP Pemkot Kupang

SAKIP membantu pemerintah dalam sistem perencanaan, penganggaran, dan sistem manajemen kinerja.

Adapun maksud dari kegiatan ini, yaitu:

  1. Meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi,  dan kinerja aparatur.
  2. Sebagai pedoman pimpinan untuk melakukan monitoring, evaluasi, dan supervisi akan kemajuan kinerja para staf atau bawahan.
  3. Terciptanya tolok ukur kinerja aparatur.
  4. Sebagai pedoman penilaian keberhasilan dan kegagalan pencapaian tujuan organisasi dan dasar dalam memberikan penghargaan dan sanksi.
  5. Dasar dalam penetapan kinerja pegawai.

Harapannya, kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja antara Walikota Kupang dengan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkot Kupang ini dapat meningkatkan SAKIP Kota Kupang sehingga dapat memaksimalkan pemberian pelayanan publik di Kota Kupang.

Sedangkan, SAKIP merupakan lembar dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program yang disertai indikator kinerja.

Laporan: Alvino Latu