Warga Desa Tengku Lese Tekuni Usaha Budi Daya Ikan Air Tawar

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com— Warga Kampung Munggis, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, menekuni usaha budidaya ikan air tawar sebagai langka antisipasi terhadap pemenuhan kebutuhan hidup.

Adalah Nikolaus Handu, Warga Kampung Munggis, sudah mulai menekuni usaha budi daya ikan air tawar ini sejak Bulan Oktober 2019.

Pilihan ini diambil ketika Nikolaus melihat bahwa ada potensi yang besar dan bagus apabila dilahan sawah miliknya dibangun kolam untuk budidaya ikan konsumsi dan persiapan pembibitan ini.

Niatnya terlaksana juga ketika mendapat bimbingan teknis dari Glory Sabathani, yang tekun memberi bimbingan kepada Nikolaus ini.

BACA JUGA:  Diduga Mabuk, Seorang Pria Terluka Parah dalam Kecelakaan Tunggal di Ruteng

Kepada media ini Glory menuturkan, Bersyukur sampai saat ini Nikolaus sudah enam kali melakukan panen, walaupun pembelinya hanya sebatas wilayah desa serta keluarga, karena belum banyak yang mengenal usaha ini.

Usaha budidaya ikan Nikolaus ini terdiri dari enam kolam, dan setiap kolam disebarkan benih ikan 2000-3000 ekor, denfan jenis ikan yang dibudidaya adalan ikan Nila dan Karper.

Untuk panenya dibutuhkan waktu 3-4 bulan sekali, dan makanan yang diberikan tidak selalu memberi pelet ikan, tetapi sering diberikan makanan alami seperti, sisah makanan, daun ubi dan dedak, karena target ikanya untuk konsumsi, jelas Glory.

BACA JUGA:  Pengerjaan Jalan Propinsi Jalur Ndiuk-Golowelu Oleh PT. Gunung Sari Mencapai 85 %

Dari segi pendapatan keluarga Nikodemus, sangatlah membantu karena mereka merasakan hasil dari penjualan ikan yang telah di panen tersebut.

Glory juga berharap semoga akan muncul Nikolaus baru di Kabupaten Manggarai, agar bisa menjadikan usaha budidaya ikan air tawar ini terus bertambah, sambil kita terus berusaha untuk mencari pangsa pasar untuk penjualan hasil budiday . ini, tutup Glory.

Bagi yang ingin memesan ikan untuk konsumsi atau pembibitan di kolam milik Nikolaus, silahkan menghubungi Nomor Hp: 082339068821/081337986659(Pesanan siap dihantar)