Warga Golo Bilas Mengungsi, Rumah Terancam Ambruk Akibat Longsor

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com- Sejumlah warga di Golo Bilas, Kelurahan Wali Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, mengungsi kerumah tetangga karena rumah mereka terancam ambruk akibat ancaman tanah longsor yang selalu mengancam mereka.

IMG-20210816-WA0106

Kejadian ini terjadi tepatnya tanggal 8 Januari 2021 dan baru diketahui oleh awak media ini Selasa 26 Januari 2021.
Sebagian warga kini mengungsi ke rumah tetangga, sejak dua malam terakir ini, karena takut longsoran yang terus menghantui mereka.

hut17_matim.jpeg

Kepada awak media ini, Andreas Apul, Simon Darus dan Rofinus Jeharut, Nikolaus Ngabur, Yohanes Jandut, Agustinus Jeharut, Petrus Wagut, Yosep Tatun menyampaikan rasa kekuatiran mereka atas ancaman longsoran yang terjadi.

BACA JUGA:  LDN 2019 Bergulir, Wakil Bupati TTS Lakukan Tendangan Perdana

Kami semua adalah warga yang terkena dampak longsor ini menyampaikan harapanya agar Pemerintah Daerah Manggarai dapat membantu kami untuk mengatasi persoalan ini.

Kami tidak punya pilihan lain selain pasrah, karena kami tidak memiliki tanah untuk direlokasi, apabila rumah kami terkena longsor nanti.

Saat ini kondisi sebelah timur dari rumah kami sudah sangat parah, retakan tanah semakin besar dan melebar, dengan radius yang semakin panjang.

Tentu ini hanya menunggu waktu saja untuk terjadi longsoran, kami pasrah sekarang, apalagi kondisi perekonomian kami sangat sulit, jelas mereka.

“Kondisi kami sekarang ini sangat sulit, setiap hari kami dihantui rasa takut apabila hujan turun, kami takut akan terjadi longsoran yang lebih besar lagi”.

BACA JUGA:  Kasus Covid-19 Nagekeo Mulai Meningkat Tajam : Empat Hari Terakhir Tambah 11 Kasus

Anak dan istri kami selalu dihantui rasa cemas kalau hujan turun dan mereka segera bergegas untuk mengungsi kerumah tetangga, situasi ini tentu sangat sulit buat kami semua.

Sekali lagi kami sangat mengharapkan uluran tangan Pemerintah Kabupaten Manggarai, dan Provinsi NTT agar bisa membantu kami saat ini.

Pantauan media ini dilokasi kejadian, Selasa(28/01/2021) didapati kondisi yang sangat memperihatinkan, dimana banyak retakan yang muncul didalam rumah warga, apalagi posisi rumah warga ini berada pada kondisi kemiringan.

Perlu penanganan yang cepat untuk bisa membantu ketujuh warga tersebut, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Sangat diharapkan bantuan semua pihak agar bisa membantu warga Golo Bilas yang tidak berdaya ini.

hut17_fansi.jpeg hut17_sil.jpeg hut17_osi.jpeg hut17_yeni.jpeg hut17_domi.jpeg hut17_sma2pacar.jpeg hut17_smpn1pacar.jpeg hut17_manong.jpeg hut17_jon.jpeg