Warga Manggarai Minta Kadis Perikanan Sikka Maju Pilkada 2024

RUTENG, SOROTNTT.COM-Kecintaan masyarakat Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) untuk melihat daerahnya terus maju dan berkembang tidak pernah berhenti dan terus digaungkan akir-akir ini.

Salah satu cara untuk mewujudkan keinginan perubahan tersebut dengan mendorong putra daerah ini yang berprestasi dan memiliki kemampuan menjadi pemimpin untuk maju dalam perhelatan politik pilkada pada tahun 2024.

Putra daerah Kabupaten Manggarai yang dianggap mampu, berprestasi dan layak menjadi pemimpin salah satunya Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Sikka, Paulus Hilarius Bangkur, S.Pi, M.Pi.

Putra kelahiran Ruteng yang sekarang bertugas di Kabupaten Sikka ini dianggap layak dan pantas untuk maju sebagai calon Bupati atau calon Wakil Bupati Manggarai dalam pilkada serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kepada media ini saat dimintai tanggapannya terkait hal itu, Minggu 4 Desember 2022, Paulus Bangkur mengaku, pihaknya saat ini masih fokus menjalan tugas sebagai Kepala Dinas Perikanan yang dipercayakan oleh Bupati Sikka sejak tahun 2020 lalu.

“Keluarga besar saya dan beberapa elemen warga memang telah meminta saya untuk maju dalam Pilkada Manggarai. Tapi, saya belum memberikan jawaban. Saya masih fokus menjalankan tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sikka,” kata Paulus Bangkur.

BACA JUGA:  Herry Battileo Sudah Tak Lagi Menjadi Kuasa Hukum Keluarga Korban Astry dan Lael

Paulus Bangkur mengaku, dalam beberapa pekan terakhir keluarga besarnya di Ruteng, Kabupaten Manggarai dan beberapa perwakilan warga Manggarai selalu mengontaknya dan meminta kesediannya untuk maju dalam Pilkada Manggarai.

Aneka Terobosan

“Beberapa hari ini banyak orang yang mengontak saya dari Manggarai via telepon untuk menanyakan kesediaan untuk maju, tetapi saya belum memberikan jawaban. Itu tadi, alasan saya karena masih fokus menjalankan tugas yang dipercayakan Bapak Bupati Sikka,” katanya.

Sosok Kadis Perikanan Kabupaten Sikka Paulus Hilarius Bangkur, S.Pi, M.Pi, memang sangat luar biasa.

Pria kelahiran Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai ini sejak lulus PNS tahun 1997 dan bekerja di lingkup Pemkab Sikka hingga saat ini selalu berani membuat inovasi dan menunjukkan totalitas mengabdi untuk setiap tugas yang dipercayakan.

Paulus Bangkur memang berani memulai inonasi baru yang dinilainya bisa memberdayakan ekonomi warga, khususnya kaum nelayan dan masyarakat pesisir di Kabupaten Sikka.

BACA JUGA:  Polri Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang di NTT

Paulus Bangkur tak sekadar memulai inovasi. Tetapi ia juga berani menyelesaikannya hingga inovasi yang diterapkan sesuai tupoksinya itu bisa mendapatkan manfaat secara ekonomi bagi warga.

Curiculum Vitae

= Nama Paulus Hilarius Bangkur, S.Pi, M.Pi

= Tempat tanggal lahir: Manggarai 28 Juni 1966

= Istri : Maria Bernadetta Aslinda  dikarunia 4 orang anak.

Pendidikan:

= SDK Ruteng II tamat 1980

= SMPN II Ruteng tamat tahun 1983

=  SMAK Santo Thomas Aquinas Ruteng tamat  1986

=  S1 Prodi Perikanan Univesitas Dr. Soetomo Surabaya tamat  1993

= Program Pendidikan Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat pada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Universitas Terbuka tamat 16 Maret 2018

Pelatihan Fungsional

= District and Provincial Planing Selama dua fase di Universcity of Camberra dan Depdagri tahun 2002 dan 2003

= Bimbingan Teknis Coremap II World Bank 6 hingga 9 Juni 2005 yang diselenggarakan Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Direktorat Jenderal Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Jakarta

BACA JUGA:  Positif Corana, Uskup Ruteng Mgr. Sipri Hormat Jalani Perawatan di Jakarta

Pengalaman Jabatan/Pekerjaan

= Kepala Sub Seksi Perumusan dan Pengendalian pada Dinas Perikanan Sikka sejak Mei 1999-April 2001 hingga Desember 2005

= Pj. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data Statistik dan Pengelolaan Hasil sejak 24 Desember 2005

= Kepala Sub Dinas Bina Produksi dan Pengelolaan Hasil  24 Desember 2005

= Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Pengelolaan Ekosistem 31 Januari 2009

= Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka sejak 12 Januari 2012

= Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sikka 27 Januari 2014

= Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Sikka sejak 30 Desember 2016

= Kadis Perikanan Sikka sejak 2 Maret 2020

Tanda Jasa dan Penghargaan:

= Satyalencana Karya Satya X Tahun 2009 dari Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono

= Satyalencana Karya Satya XX Tahun 2019 dari Presiden RI Joko Widodo

Pengalaman di Luar Negeri

= Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di Provinsi Kagosima, Hirosima, dan Kochi   Jepang selama 14 hari  pada tahun 2011.”