Zakarias Gara Ketua Bawaslu Matim

Zakarias Gara: Politik Uang adalah Musuh Kita Bersama

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar kegiatan sosialisasi Pemilu dengan tema “Sosialisasi Kerja Sama Pengembangan Partisipatif Pemilu Tahun 2019” yang berlangsung di Hotel Gloria, Desa Nanga Labang, Borong, Kabupaten Matim, NTT, Senin (8/4/2019).

Zakarias Gara selaku Ketua Bawaslu Matim dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kegiatan penting yang dilakukan oleh Bawaslu Matim. Ia juga menjelaskan tentang komposisi pengawas pemilu, yakni di tingkat TPS dan di tingkat desa masing-masing satu orang, sedangkan di tingkat kecamatan dan di tingkat kabupateng masing-masing tiga orang.

“Itulah posisi kekuatan pengawasan pemilu di Kabupaten Manggarai Timur,” jelas Zakarias.

Zakarias juga meminta pastisipasi masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur untuk sama-sama mengawasi Pemilu yang digelar pada tanggal 17 April nanti.

“Saya meminta partisipasi dari semua pihak terkait dengan hal-hal yang harus kita lakukan pada hari H nanti,” ujarnya.

Terkait dengan apa yang menjadi tugas pengawas pemilu, dirinya berharap kepada semua yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut bisa menyampaikan hal itu kepada siapa pun.

Masih kata Zakarias, terkait dengan kondisi yang terjadi ke depan, Bawaslu sebagai penyelenggara harus saling berkoordinasi dengan semua pihak. Sehingga penyelenggaraan pemilu pada tanggal 17 April nanti berjalan aman.

“Kalau ada hal-hal yang terjadi di masyarakat, seperti politik uang, tolong sampaikan ke pihak pengawas pemilu,” ungkapnya.

Zakarias menambahkan, politik uang atau yang sering disebut “serangan fajar” sangat rentan terjadi menjelang masa tenang. Apalagi masa tenang nanti mulai tanggal 14 hingga 16 April 2019.

“Semua atribut kampanye, seperti baliho, spanduk, sticker, serta kartu nama harus dibersihkan semua. Tidak boleh ada saat masa tenang,” tegasnya.

Zakarias menghimbau jika masih ada atribut yang terpasang saat masa tenang, diharapkan masyarakat bisa menyampaikan hal tersebut ke petugas Pengawas untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang ada.

“Saya mengajak teman-teman, orang tua, saudara-saudari wajib pilih se-Manggarai Timur untuk datang ke TPS pada tanggal 17 April nanti,” tutupnya.

Usai sambutannya, Zakarias Gara selaku Ketua Bawaslu Matim langsung membuka kegiatan sosialisasi itu secara resmi.

Pantauan SorotNTT.com, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kanit Reskrim Kapolsek Borong, Danramil Borong, Remaja Mesjid (Remas), Orang Muda Katolik (OMK), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta insan pers.

Laporan: Lalong Ferdinandus