Dugaan Kecurangan, Calon Anggota DPD asal NTT Gugat Hasil Pemilu ke MK

20240321 053545 jpg

KUPANG, SOROTNTT.Com- Calon Anggota DPD Nomor urut 5 daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur El Asamau menyatakan bakal menggugat hasil pemilihan senator pada 14 Februari lalu. Gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau MK akan dilayangkan lantaran ada dugaan kecurangan dan penggelembungan suara dari calon lain. 

“Setelah bertemu tim di Kupang, ditemukan ada indikasi surat suara yang sedikit berbeda. Ini menjadi dasar bahwa kita mempertimbangkan untuk berproses di MK,” kata El Asamau kepada wartawan, Rabu, 20 Maret 2024. Hasil pemilihan DPD, nama El Asamau hanya bertengger di posisi lima.

BACA JUGA:  Kasus Covid Melandai, Tapi Status Matim Naik Ke Level 3, Ini Penjelasan Jefrin Haryanto

Menurut dia, gugatan yang diajukan ke MK telah mengantongi bukti kecurangan, seperti suara tidak sah yang bertambah hingga  banyaknya penghapus tulisan cair di formulis C2 plano. “Ini hal-hal yang menjadi perhatian kami. Karena ada TPS yang suara saya sebenarnya ada, tapi ternyata nol. Kami fokus pada suara kami yang hilang,” katanya. 

BACA JUGA:  Agas Andreas Resmi Menggandeng Tarsi Syukur di Pilkada Manggarai Timur 2024

El Asamau mengatakan bakal menerima apapun hasil MK, setelah ia melaporkan dugaan kecurangan tersebut. “Apapun hasilnya dari proses hukum ini, kami tidak persoalkan. Namun perlu pembuktian di MK,” katanya.