Menjaga Harmoni Mengintegrasikan Budaya Manggarai Dalam Pembangunan Berkelanjutan

20240503 131156 jpg

Oleh: Meliana Irma Wati (Kelas: 2023 E, NPM: 23103203)

Tugas: Karya Tulis Ilmiah

Menjaga harmoni dan mengintegrasikan budaya Manggarai dalam pembangunan berkelanjutan melibatkan pengakuan, penghargaan, dan pemanfaatan warisan budaya dan pengetahuan lokal untuk membangun solusi yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan masyarakat setempat. 

Ini bisa mencakup pelestarian bahasa, tradisi, pengetahuan tentang lingkungan, dan praktik budaya lainnya sambil memperhatikan aspek-aspek pembangunan yang berkelanjutan seperti perlindungan lingkungan, pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan kesejahteraan sosial. Ini juga sangat penting bagi semua orang yang telah mengikuti budaya manggarai ini. 

BACA JUGA:  Tiga Pejabat Eselon ll B Kembali DiLantik Bupati Manggarai

Menjaga harmoni dan mengintegrasikan budaya Manggarai dalam pembangunan berkelanjutan adalah proses yang melibatkan pemeliharaan nilai-nilai budaya, tradisi, dan kearifan lokal dalam upaya pembangunan yang berkelanjutan. Ini melibatkan beberapa langkah dan strategi:

Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan dapat terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di Manggarai yang tidak hanya memperhitungkan aspek ekonomi dan lingkungan, tetapi juga menjaga harmoni dengan nilai-nilai budaya dan tradisi lokal.