Pencam LAUT Panen Raya Sorgum

Camatat LAUT Agus supratman pimpin langsung panen raya Sorgum (Foto: Ist)

Borong,Sorotntt.com – Pemerintah Kecamatan (Pencam) Lamba Leda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT, panen raya sorgum organik pada kebun contoh sorgum milik Pemerintah Kecamatan itu di lahan seluas 1 hektar di wilayah Ntaur – Dampek, Desa Satar Padut, Selasa 05/04/2022.

Panen raya sorgum dilakukan oleh seluruh pegawai Kecamatan dan dipimpin oleh Camat LAUT   Agus Supratman.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan LAUT, Gonsi Geta, kepada media menjelaskan, bahwa program ini bertujuan untuk mengangkat derajat kesehatan masyarakat, ketahanan pangan, dan penguatan ekonomi masyarakat. 

BACA JUGA:  Dibangun Tanpa Izinan, PT. Indobambu Nagekeo rusaki lingkungan

“Melalui budidaya sorgum organik, masyarakat memiliki kesempatan untuk menambah aktivitas dibidang pertanian sekaligus menambah penghasilan lewat bercocok tanam sorgum dan mengangkat derajat kesehatan masyarakat, ketahanan pangan, dan  penguatan ekonomi masyarakat”, Kata pria yang akrap disapa Gonsi itu.

Gonsi menginformasikan, usia panen sorgum kurang lebih 3 bulan 2 minggu.

“Kami tanam tanggal 28 Desember 2021 dan kami panen hari ini. Itupun panen hari ini kategori terlambat karena jadwal kegiatan kantor cukup padat dan baru kami panen hari ini. Mestinya panen minggu lalu”, ucap Gonsi.

BACA JUGA:  Guru di SDK Longgo-Mabar Mengajar Keliling Rumah Siswa
Panen raya sorgum dilakukan oleh seluruh pegawai Kecamatan dan dipimpin oleh Camat LAUT Agus Supratman ( Foto:Ist)

lanjutnya,Sorgum ini terdiri dari 3 varietas.

“Sorgum ini terdiri dari 3 varietas. Varietas suri 4, varietas numbu dan varietas super 2”, ungkapnya.

Sementara, Camat Lamba Leda Utara,  Agus Supratman, juga menjelaskan, program tanam sorgum di LAUT diwajibkan juga ke semua desa.

“Tahun ini 11 desa wajib buat kebun contoh sorgum milik desa dengan luas masing masing 1 hektar. Sudah berjalan dan adabyang sudah panen”, jelas Agus.

Dia meminta, masyarakat umum juga kiranya bisa lakukan hal yang sama secara bersama.

BACA JUGA:  DPC PKB KABUPATEN MANGGARAI RESMI BUKA PENDAFTARAN CABUB-CAWABUB

“Saya minta masyarakat bergerak bersama untuk hal yang sama, yaitu sorgum. Tanaman ini gizi tinggi, bisa mengatasi gizi buruk dan stunting”, tutup Agus.