Keunikan Kampung Adat Matalafang yang Khas

Alor,Sorotntt.com -Kabupaten Alor di Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang belum secara maksimal digali dan dikembangkan. Dikenal luas sebagai salah satu pulau di Indonesia dengan segudang spot diving terbaik yang pernah ada, Kabupaten Alor tentu layak dinobatkan sebagai surga destinasi wisata bahari terpopuler.

Namun berbicara tentang Kabupaten Alor tentu tidak hanya soal hamparan pantai yang eksotis dan terumbu karangnya yang menjadi buruan utama para pencinta dunia bawah laut. Kabupaten Alor masih menyimpan banyak potensi lainnya, di antaranya adalah potensi ekonomi kreatif, kuliner maupun budaya.

BACA JUGA:  Gubernur VBL Dorong Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat

Menunjang keberlangsungan pariwisata Alor, Pemerintah Kabupaten Alor melalui Dinas Pariwisata mulai melirik potensi pengembangan desa wisata sebagai salah satu program prioritas yang akan dikembangkan dengan baik. Di tahun 2021 ini, Pemkab Alor telah menyiapkan 51 desa wisata yang selanjutnya akan menjadi perhatian serius pemerintah.

Di antara puluhan desa wisata ini, terdapat salah satu kampung adat yang hingga saat ini masih memegang erat adat istiadat serta kebudayaan yang telah lama melekat dan dijunjung tinggi. Nama kampung ini adalah Kampung Adat Matalafang, sebuah kampung adat yang terletak di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.