Yayasan Rumah Asuh Jakarta Lestarikan Rumah Adat Kampung Ruteng Puu

20220814 091210 3 jpg

RUTENG, SorotNTT.Com-Rumah adat di Kampung Ruteng Puu, Kelurahan Golo Dukal, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT, Mendapat kesempatan untuk dilestarikan oleh “Yayasan Rumah Asuh” dari Jakarta.

Pelestarian rumah adat ini merupakan kerjasama antara Yayasan Rumah Asuh dengan donatur awalnya Ibu Lisa Tirto Utomo, Foundernya Aqua.

Perwakilan dari Yayasan Rumah Asuh Jakarta, Yori kepada awak media 23 Juli 2022 lalu menyampaikan rasa syukur karena diberi kesempatan untuk mempelajari arsitektur tradisional dalam hal ini arsitektur nusantara.

BACA JUGA:  Kepala SMKN Wae Rii, Ferdianus Tahu Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Kalau sebelumnya rumah adat itu dilabeli tidak sehat dan kuno, tetapi kita ingin merubah itu, bahwa rumah adat itu merupakan harta karun.

Banyak juga yang bilang bahwa rumah adat itu adalah rumah masa lalu dan beku; kita akan merubah itu, kita menginginkan agar rumah adat itu terus tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA:  Gubernur VBL Mengunjungi Pulau Messah di Labuan Bajo

Tugas kita generasi sekarang ini bagaimana membawa tradisi dan budaya itu kemasa kini dan kemasa depan.

Dengan kita melestarikan dan membangun rumah adat di Kampung Ruteng Puu ini, bisa membawa ilmu-ilmu itu kekota-kota modern atau pembangunan kota-kota modern.