Acara Kebeng Mbaru Gendang di Cenop Disemarakan dengan Tari Caci

IMG 20191120 WA0012 jpg webp

RUTENG, SorotNTT.com – Rangkaian acara “kebeng Mbaru Gendang” rumah adat Kampung Cenop, Desa Nampar Tabang,  Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur dimeriahkan dengan pementasan tarian caci. 

Kebeng Mbaru Gendang  memiliki makna tersendiri dalam kehidupan masyarakat adat Manggarai. Yang artinya Semakin memperkokoh berdirinya rumah adat tersebut “Boto manga goro bongkok, agu gege regel“.

BACA JUGA:  Real Madrid Juara Liga Champions 2021/2022 usai Kalahkan Liverpool 

Usai dibangun, rumah adat Kampung Cenop menggelar ritus Kebeng Mbaru Gendang. Ritus ini memotong kerbau sebagai hewan kurbannya.

Acara adat Kebeng mbaru gendang ini dihadiri oleh masyarakat adat, keluarga besar dan dan tamu undangan lainnya.

Untuk menyemarakan acara ini, masyarakat adat Kampung Cenop juga menggelar pertunjukan Caci, yang berlangsung sejak 19-20 November 2019. Dan sebagai tamu “meka landang adalah Lumpung toda, gendang nggalak, kecamatan Reok Barat“. Serta “meka adak ase kae Wodong dan Tumbak“.

BACA JUGA:  Datanglah Ya Roh Kudus di Bumi 2021
IMG 20191120 WA0013

Caci atau tari Caci adalah tarian perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai di Manggarai. Caci juga simbol kejantanan dari seirang laki-laki.