AMPD-M Menggelar Aksi Damai Di Polres Manggarai

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Manggarai(AMPD-M), Menggelar Aksi Damai di Polres Manggarai, Selasa(1/12/2020).

Aksi Damai ini digelar dengan tujuan untuk menuntut Kapolres Manggarai dan Bawaslu Manggarai Tegakkan Aturan dan Jaga Profesionalisme.

Rentetan peristiwa tindakan penghadangan yang dilakukan oleh kelompok, Laskar 88 atau pendikung H2N pada kegiatan Kampanye dan sosialisasi Paket Deno-Madur yang berlangsung terus-menerus dan berulang-ulang yang menjadi dasar Aksi Damai ini digelar pula.

Adapun Pernyataan Sikap Aksi Damai AMPD-M:

1. Tindakan penghadangan ini telah menciderai spirit demokrasi dan semangat Hak Asasi Manusia, Yakni kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum yang telah dijamin oleh Undang-undang Dasar 1945 Pasal 5ayat(1), pasal 20 ayat(1), dan pasal 28 dan Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia.

2. Tindakan penghadangan tersebut telah menodai pelaksanaan pesta Demokrasi pemilukada sebagai yang telah diatur dalam UU Pemilu Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil bupati, dan/atau Walikota dan  Wakil Walikota dan Peraturan Komisi Pemiluhan Umum(PKPU) No. 11 Tahun 2020 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

3. Penghadangan yang dilakukan Laskar 88 terhadap kegiatan kampanye Paket Deno-Madur, Merupakan kegiatan yang kesekian kalinya, yang dilakukan secara terus menerus, mulai dari wilayah Kecamatan Satar Mese dan di beberapa Kecamatan lainnya. Kegiatan penghadangan tersebut sepertinya telah didesain secara terstruktur, masif dan sistematis oleh aktor intelektual yang sampai sekarang masih belum tersentuh hukum.

4. Kegiatan penghadangan ini jelas merugikan pihak Deno-Madur yang melaksanakan kampanye atau kegiatan sosialisasi sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku dan hal-hal lain yang telah disepakati secara bersama.

Berdasarkan beberapa kejadian di atas, maka kami yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pecinta Demokrasi Manggarai(AMPD-M) “KA”Menuntut Kapolres Manggarai Dan Bawaslu Manggarai Tegakan Aturan Dan Jaga Profesionalitas” dan beberapa tuntutan lain sebagai berikut:


1. Mendesak Kapolres Manggarai memberi sanksi hukum kepada oknum yang terbukti melakukan tindakan pidana pemilu.

2. Meminta dengan tegas, Kapolres Manggarai untuk memproses secara terbuka semua pelaku yang terbukti menjadi provokator penghadangan dan gangguan terhadap kegiatan Paket Deno-Madur.

3. Meminta dengan tegas, Kapolres Manggarai untuk mengusut tuntas dan mencari tahu kemudian mengungkap ke publik aktor dibalik semua gerakan Laskar 88 yang meresahkan masyarakat Manggarai dan merusak tatanan Demokrasi.

4. Meminta dengan tegas Kapolres Manggarai untuk menangkap dan memeriksa saudara Thomas Edison Rihi Mone yang diketahui secara terbuka mengatakan dirinya siap bertanggung jawab terhadap segala bentuk kegiatan Laskar 88 pada saat kampanye di desa Paka, Kecamatan Satar Mese, beberapa waktu lalu.

5. Mendesak Kapolres Manggarai dan Bawaslu Manggarai memanggil Paket H2N selaku kandidat yang didukung oleh kelompok Laskar 88 untuk meminta pertanggung jawaban semua tindakan penghadangan, gangguan dan provokasi saat kegiatan kampanye Paket Deno-Madur.

6. Mendesak Kapolres Manggarai tangkap anggota Laskar 88 dari Munde Desa Bere yang mengancam bunuh Calon Bupati Dr. Deno Kamelus, SH.MH melalui siaran langsung melalui media facebook.

7. Mendesak Kapolres Manggarai tangkap anggota Laskar 88 yang menghadang kegiatan ibu Yeni Veronika di Karot, Desa Bangka Tonggur, Kecamatan Lelak.

8. Meminta dengan tegas Bawaslu Manggarai sebagai pengawas pelaksana Pilkada Manggarai untuk bertindak netral dan mengumpulkan seluruh bukti-bukti gangguan, penghadangan atau tindakan provokasi yang dilakukan oleh pendukung H2N atau kelompok Laskar 88 sebagai bentuk pelanggaran pemilu, kemudian dilakukan proses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pantauan media ini kegiatan Aksi Damai ini berjalan kondusif; selanjutnya masa Aksi langsung bergegas menuju Sekretariat Paket Deno-Madur, yang beralamat di Kelurahan Satar Tacik Ruteng.