Asosiasi Pariwisata Labuan Bajo Minta BTNK Kelolah Kembali TNK dan Tingkatkan Profesionalisme

IMG 20231025 WA0001 jpg webp

Labuan Bajo, Sorotntt.com – Para pelaku usaha pariwisata yang tergabung dalam sejumlah asosiasi wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT mengharapkan adanya peningkatan profesionalisme pelayanan di dalam Taman Nasional Komodo (TNK).

“Safety, Konservasi dan Profesionalisme Pelayanan di TNK harus ditingkatkan,” ungkap Ketua DPC Gabungan Pengusaha Wisata Bahari dan Tirta Indonesia (Gahawisri) Labuan Bajo Budi Widjaja, Kamis (19/10/2023).

BACA JUGA:  Viral Anak Babi Wajah Mirip Manusia di Manggarai Barat

Budi menyebutkan peningkatan profesionalisme pelayanan oleh Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) selaku pihak pengelola kawasan TNK tentu membutuhkan kerja sama semua pihak, mengingat luasnya kawasan Taman Nasional Komodo dengan sejumlah spot destinasi wisata yang menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia.

“Dan hal ini membutuhkan kerjasama semua stakeholder. Untuk itu perlu dilakukan pembahasan bersama terkait program kerja yang bisa dilakukan bersama demi menjaga konservasi , meningkatkan safety dan profesionalisme,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Langkah Mikael Nardi Menuju DPRD Manggarai Timur

Hal senada juga disampaikan Ketua Asosiasi Kapal Wisata (ASKAWI) Kabupaten Manggarai Barat, Ahyar Abadi yang menyebutkan bahwa pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK) seharusnya dikembalikan kepada BTNK sebagai pengelola tunggal.