Bencana Tanah Longsor di Lamba Leda

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Cuaca ekstrim terus mengurung wilayah Kecamatan Lamba Leda. Hari ketiga, Jum’at 29/01/2021 hujan tak kunjung reda. Hujan kini mulai ditemani angin. Hal ini semakin mencemaskan. Kini banjir terjadi dimana mana dan diperkirakan akan memaksa kontur tana berubah jadi semakin labil akibat resapan air hujan yang kemudian berdampak terjadinya longsor. Hal ini sudah mulai terjadi di sekitar Kampung Wantal, Desa Compang Mekar, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis 28/01/2021.

Bencana tanah longsor di dekat Kampung Wantal lokasi sawah Kali Wae Buka telah mengancam keselamatan warga di wilayah itu. Jarak lokasi longsor dan pemukiman warga kurang lebih 100 meter. Kampung Wantal yang berada dikemiringan itu terancam amblas, sebab lahan penopang tumpuan kampung tersebut sudah sudah runtuh. Bekas patahan nampak dibeberapa titik sekitar kampung.

Panjang longsoran diperkira mencapai 400 meter dan lebar 150 meter telah memporakporandakan kebun ladang, tanaman pertanian serta sawah milik warga.

Pemerintah Kecamatan Lamba Leda sudah turun ke lokasi memantau langsung peristiwa itu. Kurang lebih 2 hektar sawah dan lahan kering dari 15 pemilik lokasi terdampak terjangan longsor. Sedangkan untuk lokasi sawah sendiri diperkirakan 1,5 hektar. Perhitungan cepat bersama warga pemilik sawah, setiap musimnya dua kali digarap dan hasil yang didapat kurang lebih 159 karung gabah kering. Taksasi kerugian akibat peristiwa itu diperkirakan ratusan juta rupiah.

Kondisi lokasi masih rawan terjadi longsor susulan. Cuaca juga masih kurang bersahabat.

Pemerintah Kecamatan Lamba Leda menghimbau warga Kampung Wantal sekitar longsor untuk selalu waspada dan segera mengungsi bila longsor susulan terjadi sebab jarak tempat kejadian dan permukiman warga kurang lebih 100 meter.

Peristiwa ini kami sudah laporkan secara lisan ke BPBD Matim. Sedangkan laporan akurt tertulis sedang di data di lapangan oleh petugas kami untuk lporan resmi ke Kabupaten.