Galian Kabel Optik di Garut Diduga Sembarangan

IMG 20231017 WA0106 1

GARUT‘- Proyek galian kabel fiber optik yang berlokasi, di bahu Babakan -Selaawi, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, dan di Jalan Terusan Pembangunan-Pataruman, Desa Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, diduga tidak mematuhi peraturan atau tidak menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) atau safety.

Pantauan awak media pengerjaan galian kabel fiber optik di Jalan Babakan-Selaawi, Tarogong Kaler, tidak memasang rambu-rambu proyek dan pengaman bagi para pekerja, seperti sepatu boots, rompi, dan sarung tangan.

BACA JUGA:  Rakor Panwascam Cisurupan, IPTU Asep Saepudin : rapat berjalan tertib dan lancar

Ketua RT 001, Dadang (61) mengatakan, bahwa penggalian/pengeboran untuk jaringan kabel optik ini tidak ada pemberitahuan. “Adanya penggalian kabel tidak ada yang datang ke rumah baik lisan maupun melalui surat pemberitahuan, jadi kami enggak bisa menjelaskan”, katanya, Senin (16/10/23).

Tambah Dadang, galian tanah ini tanpa pemasangan rambu-rambu sehingga bisa membahayakan. “Setahu saya penggalin sudah tiga kali, tapi yang sekarang ini membahayakan karena tanpa ada rambu-rambu, enggak ada kerucut dan polis line. Selain itu pengecoran depan garasi juga tembang pilih”, imbuh Dadang