Gubernur VBL Perintahkan Bangun Gedung Sekolah Dasar dan Tingkatkan Status Pustu di Wae Rebo

Daerah

Ruteng,SorotNTT.Com-Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat ketika berkunjung ke Wae Rebo, banyak mendengar masukan berbagai pihak untuk menata tempat pariwisata kampung adat ini, Senin(7/09/2020)

Setelah membuka kembali tempat pariwisata Wae Rebo ini, untuk bisa dikunjungi publik, Gubernur VBL mendapat masukan dari Badan Otorita Pariwisata yang menyinggung soal permasalahan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Gubernur VBL berharap agar dengan adanya fasilitas pendidikan dan kesehatan yang memadai akan memudahkan masyarakat untuk mengakses dan menikmati fasilitas tersebut tanpa harus membuang waktu dan biaya yang besar untuk turun kebawah.

“Saya tugaskan agar Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan segera berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Manggarai untuk bangun Sekolah Dasar disini, sehingga anak-anak kita jangan turun lagi kebawah buang banyak waktu. Dan juga Pustu yang ada kita tingkatkan statusnya jadi Puskesmas,” tegas politisi Nasdem tersebut.

Orang nomor satu NTT itu pun tidak lupa berpesan agar masyarakat lokal selalu menjaga keaslian dan keunikan Desa Adat Wae Rebo sebagai salah satu kekayaan warisan budaya Kebanggaan masyarakat setempat.

“Desa Adat ini tidak boleh diubah, harus tetap natural begini, harus tetap dengan keunikannya, karena ini sudah aturan budaya dan warisan leluhur,” tegas Gubernur VBL.

Untuk diketahui Kampung Adat Wae Rebo terletak diketinggian 1.200 m diatas permukaan laut dan untuk mencapai ke kawasan eksotis tersebut harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 4,2 km.