Jefrin Haryanto: Anak TK Itu Butuh Bahagia Dulu, Pintar Ada Waktunya

20231001 104631 jpg

SOROTNTT.Com-Banyak orang tua meletakan ambisinya terlalu berlebihan di atas pundak anak-anak TK. Hal ini justru membuat anak
kehilangan kebahagiaan.

Hal ini disampaikan Jefrin Haryanto, konsultan dan praktisi psikologi dari Yayasan Maria Moe Peduli, saat memberikan materi dalam kelas Menjadi Orang Tua Hebat, di TK Inviolata Ruteng, Sabtu 30 September 2023.

BACA JUGA:  Camping Rohani OMK St. Nikolaus Pacar di Cunca Dedek Hara

Menurut trainer kawakan ini, kita orang tua seringkali menitipkan ambisi yang berlebihan pada diri anak-anak kita bahkan sejak usia dini. Pingin bisa cepat baca tulis hitunglah, pingin bida bicara bahasa inggrislah , pokoknya pingin macam-macam.

Kita lupa bahwa pada usia emas anak, yang berkembang itu otak emosinya. Artinya yang dikembangkan adalah semua keterampilan yang basisnya kebahagian. Bukan tekanan yang mengaharuskan anak meloncat fase perkembangannya. Anak usia TK yah bermain sambil belajar, jangan dibalik belajar sambil bermain. Bermain itu learning yang paling masuk akal untuk pengembangan otak emosi anak.

BACA JUGA:  Pemprov NTT Siapkan Aplikasi Untuk Masuk ke Pulau Komodo dan Padar

Ekstrimnya menurut mentor Sang Jiwa itu, yang paling penting anak bahagia, pintar itu ada waktunya. Di usia paud yang paling mendesak adalah emosi anak berkembang baik dengan stimulasi yang menyesuaikan dengan tugas perkembangan anak.