KSP Kopdit Abdi Matim Gelar Rapat Anggota Tahunan,Ini Capaiannya

Borong,Sorotntt.com– Sebagai bentuk pertanggung jawaban pengelolaan terhadap anggota,KSP Koperasi Kredit (Kopdit) Abdi Manggarai Timur (AMT) gelar rapat anggota tahunan (RAT) Ke – XIII tahun buku 2021 Pada Kamis,24/3/2022 di gedung lantai dua Kopdit AMT.

RAT Ke-XIII dengan tama “Transparansi dan Optimalisasi Pelayanan di masa Pandemi”. Kegiatan RAT ini dihadiri oleh Kadis Koperindag dan Ketua PKK kabupaten Matim Ny.Theresia Wisang Agas yang juga sebagai anggota Kopdit AMT dan diikuti oleh para pengurus serta segenap anggota Koperasi.

RAT ini dibuka langsung oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, dalam sambutannya RAT merupakan agenda rutin tahunan sebagai bentuk pertanggug jawaban pengurus dan pengawas koperasi AMT kepada anggotanya, serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan koperasi selama tahun 2021.

“Dalam RAT ini, anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa diharapkan terus bekerja untuk kesejahteraan bersama. Tujuan besarnya yakni, mensejahterakan anggota dan bagaimana orang menjadi anggota koperasi,” Kata Bupati Agas yang juga sebagai anggota Kopdit AMT.

BACA JUGA:  Bupati Matim: Kejadian Keracunan Makanan yang Terjadi di Lamba Leda Selatan Sebagai KLB Keracunan Pangan

Artinya, Lanjut Bupati Agas, sejauh mana partisipasi anggota untuk meningkatkan aset. apakah kita pernah mengajak orang untuk menjadi anggota atau tidak.

“Kalau belum maka ini yang harus diusahakan. Karena, meningkatkan aset koperasi itu tergantung kerja pengurus dan anggota. Kopdit AMT merupakan milik anggota. Bukan milik pemerintah kabupaten Matim,” ucap Bupati Agas.

Diakhir sambutannya Bupati Agas, berharap anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa diharapkan terus bekerja untuk kesejahteraan bersama. Tujuan besarnya yaitu, mensejahterakan anggotanya dan bagaimana orang menjadi anggota koperasi.

“Sumua anggota harus mengajak keluarga masuk di koprasi ini ,ajak istri masuk jadi anggota.saya minta tidak boleh selinggkuh artinya, jangan lebih menabung di koperasi lain ketimbang milik sendiri.harus mencintai lembaga sendiri”, tegas Bupati Agas.

Sementara, Manager Kopdit AMT, Fransiska Ade Irma menyampaikan, pada tahun 2021 terjadi peningkatan jumlah anggota, meskipun tidak secara signifikan. Karena pada 2021 kenaikan anggota hanya mencapai 34 persen dengan total anggota 6.744 orang. Sedangkan pada tahun 2020 lalu sebanyak 6.524. Jumlah tersebut pun, kata Irma, tidak mencapai target.

BACA JUGA:  Gubernur NTT Dinilai Terburu-buru Wacanakan Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo

“Memang naik, tapi tidak mencapai target. Karena sedikit. target Kopdit AMT 1,150 orang ternyata hanya 349,” ujar Irma.

Lanjutnya, total pendapatan bunga dan pendapatan lain-lain selama tahun buku 2021, mencapai Rp 5.398.216.00. Nominal itu, naik menjadi 6,1 persen dari tahun buku sebelumnya yang berjumlah Rp 4.463.580.839.

Ia juga menyebut, SHU Neto tahun buku 2021 pada Kopdit itu mencapai angka Rp 1.532.396. 393 atau 8 persen.

Dalam kesempatan yang sama wakil ketua 1 KSP Kopdit AMT Antonius Kari menjelaskan kekayaannya pada tahun buku 2021 mencapai Rp.39.013.620.877.

“Jumlah itu meningkat menjadi 8,7 persen dari total kekayaan koperasi di tahun buku 2020”, ujar Antonius

BACA JUGA:  Habiskan Dana 3 Milliar, Proyek Gedung SMAN 4 Borong Diduga Asal Jadi

Ia juga menjelaskan, jumlah anggota per 31 Desember 2021 sebanyak 6.744 orang. Dengan rincian laki-laki sebanyak 4.755 sedangkan perempuan sebanyak 2.169 orang.Dari jumlah tersebut, total ASN yang menjadi anggota sebanyak, 1.789 orang. Sedangkan yang Non PNS sebanyak 4.955 atau 74 persen.

Laporan : Dodi Hendra