KSP Kopdit Mawar Moe Lebih Siap Bersaing dan Maju Bersama Anggota

Img 20230324 wa0077 1 jpg

SOROTNTT. COM-Tanggal 25 Maret 2023, KSP Kopdit Mawar Moe melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXIV Tahun Buku 2022. RAT ini digelar di bawah tema Bersatu Menuju Kemandirian Ekonomi Anggota yang Berkelanjutan”. Semangat yang menjadi dasar tema tersebut, selain meneruskan kerja bersama (tema) pada RAT tahun sebelumnya, adalah penetapan tahun 2023 oleh Keuskupan Ruteng sebagai Tahun Ekonomi Berkelanjutan. Harapannya, hal-hal yang menjadi pekerjaan rumah bersama dari tahun-tahun sebelumnya akan dapat diurai pada Tahun Buku yang akan datang.

BACA JUGA:
Upacara Pembukaan TMMD ke-104 Kodim 1612/Manggarai

Harus diakui bahwa, selama dua Tahun Buku yakni TB 2020 dan TB 2021, KSP Kopdit Mawar Moe, sebagaimana lembaga keuangan lainnya di Indonesia, bergelut dengan situasi yang cukup sulit menyusul pandemi Covid-19. Masalah kredit lalai dan menurunnya partisipasi anggota adalah situasi yang paling sering dihadapi dan harus dicari jalan keluarnya.

BACA JUGA:
Menanyakan "Rasa Sakit" Pada Tiang-Tiang Listrik di Desa Lemarang

Koperasi yang berdiri pada tanggal 15 Mei 1997 ini kemudian memasuki TB 2022 dengan modal evaluasi dari dua Tahun Buku sebelumnya. Salah satu hal yang paling disadari adalah pentingnya sosialisasi dan pendidikan (peningkatan kapasitas), baik bagi pengurus, pengawas, manajemen, koordinator Kelopak (Kelompok Pelayanan Keuangan), dan terutama anggota. KSP Kopdit Mawar Moe percaya bahwa tersebarnya pemahaman yang sama ke semua pihak tentang manfaat koperasi kredit adalah modal utama bertumbuhnya lembaga keuangan milik anggota ini.