Longsor dan Jalan Rusak Menghambat Aktivitas Warga Cibal Barat

Img 20230206 wa0108 1

SOROTNTT.COM-Bencana tanah longsor  dan di Dusun Beawaek Lalang, Desa Compang Cibal, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, NTT yang terjadi pada Minggu (5/3/2023) malam berdampak langsung pada terganggunya aktivitas warga. 

Beberapa titik longsor menghambat lalulintas warga 3 Desa antara lain Desa Bangka Ara, Desa Timbu dan Desa Persiapan Golo Lasa.

Salah satu tokoh muda Desa Compang Cibal, Jery Tou menjelaskan, ketika longsor terjadi, lalulintas warga dari desa-desa tetangga yeng hendak pergi dan datang dari Ruteng jadi terlambat.  Kondisi ini sering terjadi di kalah musim hujan.

BACA JUGA:
Dari Glasgow, Presiden Lanjutkan Lawatan ke Abu Dhabi

“Yang pasti bahwa aktivitas perekonomian tidak bisa berjalan. Karena jalur yang biasa dilewati oleh masyarakat terutama yang dari Desa Bangka Ara dan Desa Desa Timbu melalui jalur tersebut,” kata Jery Tou melalui sambungan telepon, Senin (6/3/2023)

Jery mengatakan bahwa di lokasi itu rawan longsor. Pada tahun pun terjadi longsor hanya saja tidak besar seperti sekarang. Beberapa hal yang menyebabkan jalan tersebut muda longsor antara lain kondisi topografi ata struktur tanah yang miring dan curam, tidak pohon besar mejadi perekat tanah. Selain itu, longsor juga dipengaruhi karena tidak adanya Tembok Penahan Tanah (TPT).