Mendagri Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Pulau Rote

IMG 20220817 WA0149 1 jpg

Rote Ndao, SorotNTT.Com- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin sekaligus menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Nembrala Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (17/8/2022).

Saat memimpin upacara, Mendagri mengenakan pakaian adat suku Rote. Mendagri mengenakan Ti’i Langga yang merupakan penutup kepala yang terbuat dari lontar, serta kemeja putih dengan dibalut kain tenun khas Rote Ndao yang merupakan hasil karya intelektual Perempuan Rote Ndao.

BACA JUGA:  Kebijakan Pengadaan Alutsista Harus Membangun Kemandirian Industri Pertahanan Dalam Negeri

Dalam amanatnya, Mendagri menekankan bahwa pelaksanaan upacara peringatan HUT RI hendaknya tidak dimaknai sebagai kegiatan ritual dan seremonial semata. Namun, kegiatan itu mesti dihayati sebagai peringatan atas peristiwa penting, yang merupakan fondasi berdirinya bangsa Indonesia.

Menurut Mendagri, naskah proklamasi bangsa Indonesia yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 di Gedung Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta oleh Soekarno-Hatta menjadi dasar lahirnya Indonesia. Peristiwa itu, tambah dia, hendaknya dapat menjadi dasar yang kuat untuk semakin memperkokoh bangsa Indonesia.