Meriahkan HUT Ke-78 RI, Presiden dan Ibu Iriana Buka Acara Istana Berkebaya

IMG 20230807 WA0002 1

SOROTNTT.Com-Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo membuka acara Istana Berkebaya yang digelar di Jalan Medan Merdeka Utara, tepat di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu, 6 Agustus 2023. Acara tersebut digelar untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

“Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona. Citra luhur wanita Indonesia, pribadi anggun dengan kebaya,” ujar Ibu Iriana yang tampil mengenakan kebaya encim khas Betawi berwarna merah.

BACA JUGA:  Dari Seoul, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Bertolak ke Tanah Air

“Iya, kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan dan bersahaja. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Istana Berkebaya saya nyatakan dibuka,” ujar Presiden Jokowi yang tampil menggunakan pakaian sadariah khas Betawi.

Acara kemudian diawali dengan persembahan tari kolosal bertajuk “Puspawarni Langgeng Jakarta”. Selepas itu, peragaan busana kebaya dimulai, diawali oleh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), para menteri dan wakil menteri wanita Kabinet Indonesia Maju, hingga para duta besar negara sahabat.