Optimalkan Kinerja Lembaga, Bawaslu Matim Rapat Pengelolaan BMN

Borong,Sorotntt.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Manggarai Timur melaksanakan rapat pengelolaan barang milik Negara (BMN). Rapat ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja lembaga melalui dukungan sarana dan prasarana pengelolaan dan Inventarisasi BMN pada Jumat,18/3/2022.

Dalam kegiatan tersebut,ketua/Koordinator Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Manggarai Timur, Zakarias Gara, mengutarakan bahwa sesuai yang dipahami bersama yakni Bawaslu sebagai lembaga negara, maka seluruh aset yang dimilki oleh Bawaslu adalah milik negara dan diadakan oleh negara. Sehingga menurutnya, menjadi tanggungjawab bersama semua individu yang berada dilingkup Bawaslu untuk menjaganya.

“Semua inventaris barang yang ada di Bawaslu Manggarai Timur adalah aset negara, sehingga kita harus bertanggungjawab untuk memelihara aset tersebut.” tandas Zakarias.

Zakarias juga menambahkan bahwa rapat pengelolaan dan Inventarisasi BMN tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada semua individu yang ada di Bawaslu Manggarai Timur akan pentingnya pemeliharaan terhadap barang milik negara.

BACA JUGA:  Gubernur NTT Tinjau Lokasi Terdampak Angin Puting Beliung

“Saya menganggap rapat ini sangat penting, karena akan memberikan penguatan kepada kita semua tentang apa yang semestinya kita lakukan terhadap aset milik negara.” Lanjut Zakarias.

Sementara, Anggota/Koordiv SDMO, Muhamad Ardian, mengatakan bahwa aset yang dimiliki Bawaslu Manggarai Timur saat ini terutama peralatan kerja yang tersedia telah mencukupi dan layak pakai. Meskipun dalam perjalanannya kemudian ada yang rusak karena digunakan, ia menekankan agar segera dilaporakan kepada pengelola BMN Bawaslu Manggarai Timur.

“Sebagai lembaga yang mengutamakan ketersediaan alat, kita disini bisa dibilang sudah memadai, adapun yang rusak karena dipakai maka itu tidak apa- apa, tinggal laporakan saja ke pengelola BMN Bawaslu Manggarai Timur.” kata Muhamad Ardian.

BACA JUGA:  41Personil Polri di Mabar Dapat Kenaikan Pangkat

Sementara dalam arahan Anggota/Koordiv HP3S Bawaslu Manggarai Timur, Jefri Guido Bedo, menyampaikan BMN sebagai faktor penunjang dalam bekerja tentu harus dirawat dengan baik.

“BMN ini sangat penting untuk dirawat dengan baik, sebab tugas-tugas pengawasan dan tahapan pemilu sudah didepan mata, tentu ini harus kita jaga dengan baik”, ucap Jefri.

Senada dengan hal tersebut, Koordinator Sekretariat Bawaslu Manggarai Timur sebagai pengelola dan penanggungjawab BMN, Wilhelmus Rambung menambahkan bahwa rapat inventarisasi barang akan dioptimalkan minimal sebanyak dua kali dalam setahun yakni awal tahun dan akhir tahun. Hal ini mesti dilakukan karena menurutnya sebagai kendali terhadap semua barang Negara yang ada di Bawaslu Manggarai Timur.

“Kita punya kartu inventarisir barang, tentu hal itu akan menjadi kontrol, sehingga rapat seperti ini kita laksanakan diawal tahun untuk mendaftar barang- barang pengadaan baru dan diakhir tahun dilaksanakan rapat lagi untuk mengetahui kondisi barang- barang tersebut.” Tutup Wilhelmus.