Panen Jagung dan Tanam Kacang Hijau, Wakil Bupati Sumba Tengah : hanya dengan Bertani kita Bisa Hidup

Waibakul,Sorotntt.com – Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa melakukan panen perdana jagung program food estate di Desa Oka Wacu, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Jumat (18/3/2022).

Usai melakukan panen jagung, Wabup Daniel memimpin masyarakat setempat melakukan penanaman kacang tanah di lokasi panen tersebut.Jagung yang dipanen merupakan milik kelompok tani Setia Tani yang beranggotakan 28 orang atau terdiri dari 14 Kepala Keluarga.
Lokasi jagung berasa diatas lahan seluas 3 ha yang mana hasil ubinan yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian diperoleh hasil sebanyak 6 ton per ha.

Wakil Bupati Daniel, berpesan agar kegiatan tersebut senantiasa dipertahankan dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, karena hanya dengan bertani kita bisa hidup.

BACA JUGA:  Hadir Panen Jagung dan Tanam Kacang Tanah,Begini Kata Wabup Sumba Tengah

Wakil Bupati Daniel memberikan apresiasi atas keberhasilan yang diraih oleh kelompok tani Setia Tani. Dirinya pun terus mendorong dan memotivasi para kelompok tani untuk terus semangat dalam bekerja.

“Jangan hanya tanam sekali, tapi harus tanam 2 kali atau 3 kali, sehingga terjadi perubahan terhadap pendapatan hasil panen kita yang mana pada akhirnya peningkatan kesejahteraan dapat dirasakan dalam keseharian hidup.” Sebut Wakil Bupati Daniel.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Setia Tani Stepanus Ndapa, mengatakan kesatuan dan kekompakan diantara sesama anggota kelompok tani yang ditunjukkan, sehingga pekerjaan tetap terlaksanan.


“Kami tetap bekerja dan kekompakan diantara anggota selalu kami tunjukkan, meskipun banyak kendala dan hambatan yang dialami dan dijumpai serta alat pertanian yang terbatas.” Kata Stepanus.

BACA JUGA:  Bank Mandiri Serahkan Bantuan 100 Unit Washtafel dan 10.000 Masker Kepada BOPLBF

Guna menunjang kelancaran pekerjaan, Stepanus pun meminta dukungan dan bantuan agar bisa diberikan alsintan berupa handtraktor, mesin pemipil dan penggiling jagung serta mesin pompa air.

“Mohon kami diberikan bantuan alsintan traktor dan mesin pemipil dan penggiling jagung serta pompa air”,pintanya.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati meminta agar kelompok tani agar berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Dinas terkait agar segera mendapat bantuan tersebut, sehingga proses pekerjaan pengolahan lahan tetap berjalan.

Kalau kita setia pada perkara kecil Tuhan akan berikan perkara besar artinya setiap hal yang besar berasal dari hal-hal yang kecil, dan hal-hal kecil itu jika dikerjakan dengan tekun bersama Tuhan tidak akan sia-sia. “Karena itu, setialah dalam setiap perkara meskipun kecil.” Tutup Wakil Bupati Daniel.