Pelantikan Pengawas TPS Lamba Leda

Panwascam Lamba Leda Lantik 94 Orang Pengawas TPS

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Lamba Leda melantik 94 orang Pengawas TPS (PTPS) se-Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim). Acara pelantikan tersebut berlangsung di aula Paroki Santu Yusuf Benteng Jawa, Senin (25/03/2019).

Para pengawas dilantik untuk melakukan pengawasan di Tempat Pemungutan Suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019, berdasarkan hasil uji kompetensi dan kelayakan. Setelah prosesi pelantikan, anggota PTPS mendapat bimbingan teknis (Bimtek) di tempat yang sama.

Anselmus Kajus, selaku Sekretaris Panwascam Kecamatan Lamba Leda mengatakan, PTPS dilantik sesuai aturan. Karena, tugas Panwascam sangat berat dalam mengawasi pelaksanaan Pileg dan Pilpres di berbagai TPS.

“Pengawas TPS harus bersikap netral, independen, dan tidak boleh memihak pada golongan tertentu, serta mampu bekerja sungguh-sungguh sesuai tupoksi sebagai seorang pengawas, agar penyelenggaraan Pileg dan Pilpres dapat berjalan dengan jujur, adil , dan demokratis.”

Selain itu, dia juga mengatakan tugas PTPS itu tidak mudah, karena harus mampu mengawasi segala aspek dalam setiap tahapan pemilihan. Ia berpesan agar para pengawas bisa bekerja secara sinergis.

Panwascam Lamba Leda lantik 94 Pengawas TPS
Pelantikan Pengawas TPS oleh Panwascam Lamba Leda di Benteng Jawa, Senin (25/03)

Ketua Panwascam Kecamatan Lamba Leda, Fidelis Pangkul mengatakan, bahwa pelantikan PTPS kemarin, merujuk pada UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan salah satu poinnya mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian PTPS oleh Panwascam.

“Pengangkatan PTPS tentu secara umum dimaksudkan untuk mengawasi proses persiapan dan pungut hitung pada 17 April mendatang. Saya juga berharap seluruh Pengawas Pemilu Kecamatan Lamba Leda menjaga netralitas, integritas dan melaksanakan tugas berdasarkan undang-undang!” tegas Fidelis.

Pelantikan Pengawas TPS Serentak di Seluruh Indonesia

Dilansir situs resmi Bawaslu RI, sebanyak 808.856 orang Pengawas TPS dilantik secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (25/3/2019). Pelantikan dilakukan oleh 7.201 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Pelantikan dilakukan sebagaimana diperintahkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, tepat 23 hari sebelum hari pemungutan suara Pemilu 2019. Ratusan ribu pengawas TPS tersebut akan bertugas selama 30 hari hingga 7 hari setelah pemungutan suara.

Pengawas TPS merupakan klausul baru dalam Pemilu 2019 sebagai mandat UU Pemilu. Bawaslu sempat memperpanjang masa pendaftaran dan seleksi PTPS. Pasalnya UU Pemilu mengatur, syarat PTPS adalah berusia minimal 25 tahun dan berlatar pendidikan minimal SMA atau sederajat.

Laporan: Dodi Hendra