Pemerintah dan Masyarakat LAUT Mengapresiasi Reaksi Cepat Aparat Polsek Lamba Leda

Daerah

Borong, SorotNTT.Com- Pemerintah dan Masyarakat Kecamatan Lamba Leda Utara mengucapkan terimakasih kepada pihak Kepolisian Resort Manggarai Timur, Sektor Lamba Leda, yang telah bekerja ekstra keras mengungkap dan menangkap pelaku kasus pencurian sepeda motor di wilayah Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara.

Plt Camat Lamba Leda Utara(LAUT) Agus Supratman kepada media ini menyampaikan bahwa, Kerja teman-teman di Polsek Lamba Leda luar biasa baiknya. Responya bagus dan reaksinya cepat. Kini masyarakat Lamba Leda Utara merasa nyaman, karena pelaku sudah ditangkap.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa aparat dari Polsek Lamba Leda berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) di Polsek Asesa, Kabupaten Nagekeo, Propinsi Nusa Tenggara Timur(NTT), Jumat (26/03/2021).

Pelaku Curanmor tersebut diketahui berinisial (AM) seorang pelajar 16 tahun, dan masih duduk di bangku sekolah kelas 2 SMP, Asal Ntaur, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur.

Sedangkan korban dari aksi remaja ini, Serfasius Junaedi (29), Seorang Tenaga Harian Lepas(THL) di Puskesmas Dampek, dan beralamat di Ntaur Desa Satar Padut Kecamatan Lamba Leda Utara.

Juga Romo Tarsisius Tombor, Pr (46) Pastor Paroki St. Petrus Paulus Dampek, yang beralamat di Golo Kukung Desa Satar Padut Kecamatan Lamba Leleda Utara.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh Media ini dijelaskan tentang kronologis kejadian, Bahwa Pada hari Rabu tanggal 24 Maret 2021 sekitar pukul 03.00 wita dinihari pelaku mencuri sepeda motor Yamaha Jupiter MX King 150 warna Merah Puti milik Korban Junaedi dengn nomor pol. EB 4373 EK, No. Rangka. MH3UG0710GK145320, No. Mesin. G3E6E-0182428, Yang sedang parkir didepan rumah  miliknya di kampung Ntaur Desa Satar Padut Kecamatan Lamba Leda Utara.

Pada pukul 08.00 wita korban Junaedi menginformasikan kepada Kanit Intelkam (IK) BRIPKA Laurensius Pitang bahwa sepeda motor miliknya hilang dari tempat parkir dirumah miliknya dan berdasarkan informasih tersebut, Kanit IK bersama rekan-rekan anggota Polsek Lamba Leda melakukan penyelidikan terhadap kasus pencurian sepeda motor tersebut.

Dari hasil penyelidikan tersebut  Kanit IK bersama rekan-rekan anggota Polsek mendapatkan informasih bahwa sepeda motor yang dicuri pelaku tersebut sedang diparkir dibelakang penggilingan padi milik Anton Warus di kampung Golo Kukung Desa Satar Padut.

Selanjutnya Pada pukul 15.00 wita Kanit IK bersama anggota dan korban pergi melihat sepeda motor tersebut dibelakang penggilingan padi milik Anton Warus dan setelah melihat sepeda motor tersebut korban mengakui bahwa sepeda motor tersebut benar milik korban Sagerius Junaedi, Sedangkan saat itu pelaku sudah melarikan diri.

Setelah Kanit IK bersama anggota mengamanakan barang bukti sepeda motor tersebut, Dilanjutkan dengan melakukan pencarian terhadap pelaku, Namun pelaku tersebut melarikan diri dan bersembunyi dihutan sehingga tidak ditemukan.

Pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021, pukul 03.00 wita Pelaku kembali dari hutan tempat persembunyianya dan pergi ke Pastoran Dampek dan bertemu saudara Noval Haryanto sambil menangis dan meminta makan di pastoran karena lapar dan saat itu saudara Noval tidak mengetahui kalau pelaku tersebut melakukan pencurian sepeda motor dan sedang diburu Polisi.

Atas Kejadian tersebut Pada pukul 08.00 wita Korban  Romo Tarsisius Tombor, Pr hendak pergi menghadiri acara adat di Puskesmas Dampek dan saat itu Romo melihat sepeda motor miliknya sudah tidak ada digarasai tempat parkir sepeda motor.

Sekitar Pada pukul 08.15 wita Romo Tarsi menginformasikan kepada Kanit IK bahwa Hanpone Aipet merek Samsung dan sepeda motor Verza warna hitam dengan nomor pol. : EB 3831 EN, No. Rangka. MH1KC0219LK108075, Noesin. KC02E-1107665 miliknya yang diparkir ditempat parkir pendopo Pastoran hilang sehingga Kanit IK melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasih bahwa Pelaku pencurian tersebut membawa sepeda motor milik Romo kearah Kabupaten Nagakeo.

Berdasarkan informasih tersebut Kanit IK menghubungi unit IK di polsek Asesa, Polsek Boawae dan di Polres Nagakeo Kabupaten Nagakeo untuk menginformasikan kejadin tersebut serta meminta bantuan dan kerja sama dengan  unit IK Polsek Aisesa dan Polres Nagakeo untuk memantau keberadan pelaku.

Upaya lain Kanit IK Polsek Lamba Leda yaitu menghubungi keluarga pelaku yang ada di Nagakeo untuk memantau keberadan pelaku.

Pada hari Jumat tanggal 26 Maret 2021, pukul. 09.00 wita orang tua kandung pelaku menginformasikan kepada Kanit IK bahwa pelaku sudah berada dirumah keluarganya yang bernama Yohanes Bia di Wolo Kune, Desa Nata Toto, Kecamatan Wolo Wae, Kabupaten Nagakeo.

Berdasarkan inforsih tersebut, Kanit IK meminta bantuan dan kerja sama dengan unit IK Polres Nagakeo dan Polsek Aisesa untuk pergi kerumah saudara Yohanes Bia untuk mengamankan pelaku di polres atau di Polsek Aisesa sebelum Kanit IK bersama anggota tiba di Nagakeo.

Pukul. 12.30 wita Kanit IK bersama dua orang anggota Polsek Lamba Leda BRIPKA Petrus Rikardus Larus dan BRIPKA Muhamad Nur serta orang tua kandung pelaku langsung bergerak menuju kabupaten Nagakeo untuk menjemput pelaku.

Dan sekitar pukul 17.30 wita Kanit IK Polsek Laba Leda bersama anggota dan orang tua kandung pelaku tiba dipolres Nagakeo selanjutnya melaporkan diri dipolres Nagakeo setelah itu dari polres Nagakeo mengarahkan Kanit IK bersama anggota ke Polsek Aisesa karena pelaku ditipkan ditahanan Polsek Aisesa.

Selanjutnya dilakukan serah terima pelaku dan barang bukti selanjutnya Kanit IK bersama anggota membawa pelaku dan barang bukti menuju ke Polsek Laba Leda Polres Mangarai Timur.

Kondisi pada saat Sera terima pelaku dipolsek Aisesa pelaku dalam keadaan sehat dan situasi aman. Hingga saat ini Kanit IK bersama anggota dan pelaku serta orang tua kandungnya masih dalam perjalanan dari Kabupaten Nagakeo menuju Polsek Laba Leda Polres Manggarai Timur mebawa serta dengan barang bukti berupa 1 buah sepeda motor Verza warna hitam dan 1 buah Hanpone milik pelaku.