Daerah

Peringati Hari Perawat Internasional,PPNI komisariat Mano Berikan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat

Img 20230512 wa0057 2

SOROTNTT.com – Peringati hari Perawat Internasional (PPNI) komisariat Mano,Puskesmas Mano mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Gurung Turi, Kecamatan Lambaleda Selatan,Kabupaten Manggarai Timur,Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komisariat PPNI UPTD Puskesmas Mano,melaksanakan hari ulang tahun (HUT) Perawat internasional pada Jumat,12/5/2023 di Kantor Desa Gurung Turi.

Hadir saat kegiatan tersebut, PPNI Komisariat Mano, Organisasi profesi kesehatan lain di bawah naungan puskesmas Mano (PERSAGI ,IBI ,HAKLI IAKMI ,PDGI,PATELKI,dan IAI).

Diketahui, sasaran kegitan pelayanan kesehatan dalam rangka Hari Perawat Internasional adalah seluruh warga Masyarakat Desa Gurung Turi, Kecamatan Lambaleda Selatan,Kabupaten Manggarai Timur.

BACA JUGA:  Sejumlah Warga Datangi Kantor Bupati Manggarai,Ini Tuntutannya

Kepala UPTD Puskesmas Mano Paskalis S . Jangkar meyampaikan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Perawat Internasional. Menurutnya, Perawat adalah kekutan hidup orang sakit, yang berjuang mencegah timbulnya penyakit, mempertahankan kesehatan, mengurangi angka kesakitan.
Melayani secara holistic. Menjadi ibu atau ayah, menjadi saudara, sahabat, teman bagi orang sakit.

“Tak bisa dipungkiri, jasa para perawat kini sangat diperlukan dalam memerangi penyakit. Bersama dengan dokter dan tenaga medis lainya. perawat menjadi garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien demi kesembuhan mereka”, ujar Paskalis.

BACA JUGA:  Soal Pencabutan Anak Angkat untuk Kamelus Deno, Yakobus Magus: Tipu Semua Itu, Jangan Dipercaya!

Merayakan Hari Perawat Internasional yang jatuh pada tanggal 12 Mei, Paskalis mengatakan, ini memaknai kontribusi perawat kepada masyarakat. Sebagai perawat terus melayani, memandirikan dan menyembuhkan.

Paskalis menjelaskan memaknai hari Perawat Nasional, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan solidaritas dan menjalin kerjasama dan kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan dan keterampilan perawat dalam melayani masyarakat.

“Menjalin Kerjasama antara masyarakat dan perawat serta tenaga medis lainya diwilayah kerja UPTD Puskesmas Mano dan merupakan wadah pelayanan lebih mendekatakan diri kepada Masyarakat Desa Gurung Turi Kec. Lamaleda Selatan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Partai Parsindo Akan Gugat KPU RI ke Bawaslu
Img 20230512 wa0029
Peringati hari perawat internasional,ppni komisariat mano berikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat 34

Adapun kegiatan dan pelayanan yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Mano kepada Masyarakat Desa Gurung Turi sebagai berikut ;

Program KIA :

  1. Pelayanan dan Penyuluhan KB
    2.Pemeriksaan Tripel Eliminasi
    3.Pemeriksaan Skrining HIV dan Skrining TB
    4.Pemeriksaan Gigi oleh Dokter Gigi.

Program Gizi :

-Penyuluhan Gizi

Program Kesling :

  • IS di fasilitas Umum

PTM :

  • Pemeriksaan Asam Urat
  • Cholesterol, Gula Darah dan Skrining PTM

PIS PK :

  • Penyuluhan Hipertensi

SDIDTK :

  • Skrining Kesehatn anak

Kesjaor :

  • Senam Kebugaran

PosLan :
– Posyandu Lansia

KesWan :

  • Skrining Kesehatan dan Penyuluhan.

Penulis : Dodi Hendra