Presiden Yakin  Politeknik Ben Mboi Akan Hasilkan Lulusan Yang Bermutu

Belu,Sorotntt.com – Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo meresmikan Politeknik Aloysius Benedictus (Ben) Mboi, Kamis (24/3).

Presiden Jokowi tiba di Politeknik yang terletak di Desa Fatuketi,Kecamatan Kalkuluk Mesak sekitar pukul 15.00 wita didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat. Di depan kampus, Presiden disambut oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Setelah menikmati alunan tarian Likurai, Presiden Jokowi langsung meninjau Kawasan Kampus kurang lebih sekitar 20 Menit.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meyakini Politeknik Ben Mboi memiliki kualitas yang mumpuni.

“Setelah berbicara dengan para dosen yang memegang program studi (prodi) yang ada, saya yakini kualitas Politeknik Ben Mboi ini sangat baik. Karena desainnya dan dosen-dosennya  baik-baik serta pintar-pintar,” kata Jokowi.

BACA JUGA:  Kapolda NTT: Penerapan Pasal 338 KUHP Terhadap RB Bukan Harga Mati

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, pendidikan merupakan kunci untuk membantu masyarakat ke luar dari kemiskinan. Dengan pendidikan dan keterampilan, kita dapat memiliki pekerjaan yang layak serta dapat menggerakan ekonomi daerah.

“Saya lihat antusias masyarakat terhadap kehadiran  Politeknik Ben Mboi sangat besar. Saya harap seluruh civitas akademika bekerja keras  menjaga kepercayaan ini. Politeknik ini harus dapat menghasilkan talenta-talenta hebat di Belu,NTT dan Indonesia. Yang mencitai tanah air dan bangsa serta memberikan kontribusi besar bagi kemajuan daerah dan bangsa,”pungkas Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam laporannya mengungkapkan Politeknik Ben Mboi berdiri di atas lahan seluas 141 ha. Kegiatan belajar mengajar sudah dilaksanakan sejak 30 Agustus 2021.

BACA JUGA:  Menteri Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan Kerja ke Kupang

“Kerja sama perkuliahan sudah terjalin dengan 25 instansi dari perguruan tinggi serta  dunia usaha dan dunia industri (DUDI) seluruh Indonesia. Masa perkuliahan akan ditempuh dalam waktu tiga tahun,” jelas Menham Prabowo Subianto.

Politeknik Ben Mboi saat ini memiliki Kadet Mahasiswa sebanyak 175 orang yang terdiri dari  79 putera dan 96 puteri. Tujuh puluh persen mahasiswa berasal dari NTT, dengan 47 dosen.

Ada 7 prodi di Politeknik Ben Mboi yakni budi daya pertanian lahan kering,budidaya tanaman perkebunan, budidaya ternak,perikanan tangkap,pengolahan hasil laut/perikanan,
permesinan kapal, budi daya ikan.

Nama kampus tersebut diambil dari nama Gubernur NTT periode 1978-1988, almarhum Aloysius Benedictus (Ben)Mboi.
Kampus Politeknik Ben Mboi berada di bawah Universitas Pertahanan.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut isteri dari Ben Mboi, Nafsiah Mboi beserta anak-anak, Bupati Belu, Bupati TTU, Bupati Malaka,  Dekan dan dosen Politeknik Ben Mboi, para tokoh agama serta undangan lainnya.