Rangkaian Kegiatan FGD Program Menara Vokasi Kampus Politeknik eLBajo Commodus Mulai Gelar

Daerah

Labuan Bajo, SorotNTT.Com-Rangkaian kegiatan FGD Program Menara Vokasi 2021 mulai dilaksanakan oleh Kampus Politeknik eLBajo Commodus pada hari ini yang melibatkan kemitraan Pentahelix dari pemerintah, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), komunitas, media massa dan juga akademisi dengan mengangkat tema “Membangun Peran Pentahelix Sebagai Akselerator Daerah” yang berlangsung di Puri Sari Beach Hotel, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya, Bapak Yohanes Hani selaku Plt. Kepala BAPEDA Manggarai Barat menyampaikan bahwa Pemda setempat juga ikut mendorong dengan upaya-upaya dalam meningkatkan SDM yang tentunya juga menbutuhkan dukungan dari kemitraan Pentahelix ini agar masyarakat Manggarai Barat tidak menjadi tamu di rumahnya sendiri.

Hal ini ditanggapi juga oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Manggarai Barat Bapak Charles dengan mendorong pembentukan MoU bersama lembaga vokasi baik itu SMK yang ada di Manggarai Barat dan sekitarnya maupun Politeknik eLBajo Commodus sendiri, untuk memperkuat serapan tenaga kerja local yang ada.

BACA JUGA:  Pendistribusian Beras Bansos POLRI Tahap 2 di Wilkum Polsek Reo

Selain itu perwakilan dari Komunitas Manggarai Barat, Bapak Silvester Wanggel Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) mengatakan bahwa pembangunan pariwisata harus berbasis masyarakat.

Dimana dalam hal ini masyarakat Manggarai Barat sebagai subjek juga harus mengontrol dan ikut terlibat dalam pembangunan sektor pariwisata.

FGD ini menghadirkan juga Narasumber dari masing-masing unsur Pentahelix yaitu Perwakilan Pemda Bapak Yohanes Hani selaku Plt. Kepala BAPEDA, Akademisi diwakili oleh Bapak Andy Iwan Iswanto, S.S., M.Pd, DUDI diwakili oleh Bapak Luse Adnan, perwakilan dari Komunitas Manggarai Barat Bapak Silvester Wanggel Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, dan juga perwakilan dari media massa Kitaindonesia.com Bapak Agustinus Umar Hagianto.

BACA JUGA:  Keluarga Besar Henoek Donasi Warga di Reo

Selain dari Pemda dan juga Komunitas, hadir pula mitra Pentahelix lainnya yang juga memberikan banyak masukan, saran, dan serta ide-ide dalam mendukung peningkatan ekonomi daerah dengan Pariwisata sebagai leading sectornya, antara lain, BPS Mabar, Dinas Perindakop, Kominfo Mabar, Disparbud, Disnaker Mabar, BPOLBF, BTN Komodo, Manager Denny’s Mart Group, Start-Up Noabike, ASNIKOM Mabar, SMKN 3 Komodo, SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 2 Komodo, SMK Swakarsa, Sudamala Resort Komodo, UMKM New Eden Moringa, GM Puri Sari Beach Hotel, WWF Indonesia, Manager Lion Group, Bumdes S. Kolang, KP2KP Labuan Bajo, PT Pos Indonesia Labuan Bajo, Koperasi Tiba Meka Mandiri, UMKM Lipa Tenun, serta beberapa media local yaitu TVRI, VoxNTT, Jurnal Flores, AFBTV Kupang, dan juga Victory News.

BACA JUGA:  Samsul Tega Bunuh Tukang Antar Galon asal Manggarai, Karna Kesal Pesananya Tak Diantar

FGD pertama ini menghasilkan rencana format Kerjasama dan kemitraan antara masing-masing unsur Pentahelix berdasarkan pada masukan dan saran dari masing-masing pihak. Dan hal ini akan ditindaklanjuti dalam FGD berikutnya.