RSI NTT Turut Berduka Atas Tenggelamnya Pengunjung di Objek Wisata Danau Rana Kulan

IMG 20230619 WA0043 1 jpg

SOROTNTT.Com-Objek wisata danau Rana Kulan viral sejak 2 tahun terakhir dengan keindahannya, kini mendadak viral kembali dengan kejadian naas tenggelamnya pengunjung lokal di dasar danau, Minggu, 18 Juni 2023.

Danau Rana Kulan yang berada di desa wisata Rana Kulan, Kec. Elar, Kab. Manggarai Timur bahkan pernah beberapa kali disebut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno beberapa waktu lalu karena keindahan alam danau dan hutannya. Hal ini tidak dipungkiri mempengaruhi banyaknya minat pengunjung dan wisatawan ke desa wisata ini.

BACA JUGA:  Komnas HAM Lakukan Investigasi Dua Kasus di Nagekeo

Nurkholis, selaku ketua Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) Propinsi Nusa Tenggara Timur menyampaikan keprihatinan dan duka cita atas musibah yang terjadi. 

Saya sejak kemarin kejadian, baru hari ini bersuara ke media karena merasa terpukul, sedih yang mendalam atas musibah yang sampai merenggut nyawa adik atau anak kita yang datang berwisata bersama keluarga di objek wisata dimana saya sendiri ikut aktif merintisnya sejak awal. 

BACA JUGA:  Polisi Diminta Tertibkan Pelaku Penambangan Galian C Ilegal di Kali Wae Pesi Reok

Kami merintis, melakukan pembenahan objek wisata ini lalu mengusulkan kepada Pemda Manggarai Timur untuk ditetapkan sebagai desa wisata, dan kini objek wisata ini sudah dilevel berkembang dalam data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Akses jalan ke objek wisata ini pun telah mulai dikerjakan melalui intervensi dana pusat, DAK 2023 sebagai upaya pengembangan yang dilakukan oleh Pemda Matim.  Ujar Nurkholis.