Run for Equality untuk Akses Air Bersih di Nusa Tenggara Timur

Jakarta, 30 September 2019-Sekitar 50 orang akan berlari sejauh 57 km melintasi Kabupaten Ende-Nagekeo pada 19 Oktober mendatang. Mereka akan menyusuri perbukitan, pantai dan area pemukiman dengan pemandangan eksotis Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan yang bertajuk Jelajah Timur-Run for Equality ini merupakan kegiatan marathon untuk amal (charity run) dengan target pengumpulan dana sebesar Rp 300.000.000. Dana ini akan digunakan untuk membangun sarana air bersih di 2 desa yang mencakup sekitar 10 dusun di NTT.

BACA JUGA:
Wabup Jaghur : Tanam Jagung Panen Sapi Itu Mindset Baru, Maka Butuh Kesungguhan

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) sebagai penggagas Jelajah Timur – Run for Equality ini berharap dana yang terkumpul nantinya dapat membantu meningkatkan akses air bersih dan mendorong kesetaraan anak perempuan di NTT. Sebab, minimnya akses air bersih menjadi salah satu akar masalah ketidakadilan gender di propinsi ini.

Tanggung jawab penyediaan air bersih bagi rumah tangga dibebankan kepada perempuan dan anak perempuan. Kondisi kering menyebabkan anak-anak perempuan tersebut harus menempuh perjalanan jauh ke sumber air terdekat. Kegiatan ini dilakukan pada pagi dan sore hari. Hal ini menyebabkan waktu belajar dan bermain mereka tersita. Selain itu, anak perempuan menghadapi resiko tinggi akibat minimnya perlindungan saat menempuh perjalanan kelokasi sumber air yang jauh.