6 Komodo Hasil Pengembangbiakan Taman Safari Bogor Dilepasliarkan di Wae Wuul Labuan Bajo

20230924 062122 1 jpg

SOROTNTT.Com-Enam ekor komodo hasil pengembangbiakan di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor, Jawa Barat, dilepasliarkan ke habitatnya di Cagar Alam Wae Wuul di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/9/2023).

Keenam ora – sebutan warga lokal untuk komodo – tersebut sebelumnya diberangkatkan dari Jakarta ke Labuan Bajo pada 15 Agustus lalu.

BACA JUGA:  Mantan Pjs Desa Pacar Tidak Serahkan Dokumen Desa, Pemdes Ambil Tindakan Tegas

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSA) NTT Arief Mahmud menjelaskan keenam komodo yang dilepasliarkan itu menetas di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor pada 27 Februari 2020. Keenamnya merupakan hasil kawin dua indukan komodo yang berasal dari Cagar Alam Wae Wuul.

“Pelepasliaran enam komodo ini juga telah melalui adaptasi selama kurang lebih 40 hari mulai 15 Agustus-23 September 2023 di kandang habituasi di dalam kawasan Cagar Alam Wae Wuul,” jelas Arief di Cagar Alam Wae Wuul, Sabtu.

BACA JUGA:  Bendera Merah Putih Dikibarkan di Compang Pacar, Peringatan HUT RI ke-77 Tingkat Kecamatan Pacar

Ia menjelaskan proses habituasi bertujuan agar keenam biawak komodo tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan mampu bertahan hidup di alam liar. Proses adaptasi itu, antara lain dilakukan dengan meminimalisasi kontak fisik komodo dengan manusia .