Angka Covid-19 Meningkat, Polres Matim Gencar Pendisiplinan Prokes dan Gerai Vaksin Polri Presisi

Borong,Sorotntt.com – Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di kabupaten Manggarai Timur yang kembali meningkat beberapa minggu terakhir, Polres Manggarai Timur gencar melaksanakan Pendisiplinan Protokol kesehatan dan Gerai Vaksin Polri Presisi. Senin (14/03/22)

Hari ini, Gerai Vaksin Polri Presisi digelar di halaman Mapolres Manggarai Timur yang berada di Jalan Ki Hjar Dewantara No.1 Borong, Manggarai Timur, dengan sasaran pelaksanaan vaksin kepada masyarakat umum dan remaja Dosis 1,2 dan 3.

Pelaksanan kegiatan vaksinasi dipantau secara langsung oleh Kapolres Manggarai Timur, AKBP I Ketut Widiarta,SH,SIK,MSi. Didampingi oleh Kabag Ops Polres Manggarai Timur AKP Fransiskus B. Medor.


“Pada hari ini Gerai Vaksin Presisi kembali kami gelar guna memberikan pelayanan Suntik Vaksin Covid-19 Dosis 1,2 dan 3 kepada masyaraka, dan. yang kali ini telah terdaftar sebanyak 64 peserta terdiri dari 60 Masyarakat umum, 3 Remaja dan 1 anak-anak.” ungkap Kapolres Matim AKBP I Ketut Widiarta,SH,SIK,MSi.

BACA JUGA:  Ada Karangan Bunga Kiriman Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar pada Pelantikan Pengurus SMSI Bekasi Raya

Lanjut AKBP Widiarta, Puluhan masyarakat yang hadir pun akan menerima pelayanan vaksinasi dengan menggunakan Vaksin Covid-19 jenis Astra Zeneca dan Pfisier mulai dari dosis satu, dua hingga booster sesuai dengan kebutuhan peserta masing-masing.

Dalam pelaksanaan Vaksin ini juga,Kata kapolres ,peserta vaksin diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak serta tidak membuat kerumunan, guna mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan Vaksinasi Covid-19.


“Selain itu juga diterapkan beberapa mekanisme, yakni mulai dari pendaftaran, penegecekan peserta, pemeriksaan kesehatan, vaksinasi dan observasi selama kurang lebih 15 hingga 30 menit,” kata AKBP Widiarta.

Setelah pelaksanaaan Pemantauan vakasinasi, Kapolres didampingi Kabag Ops dan Kasi Dokkes Polres Manggarai Timur mendatangi Gudang Farmasi Kabupaten Manggarai Timur guna mengecek ketersediaan Vaksin yang nantinya akan diberikan kepada Masyarakat.

BACA JUGA:  Capaian Vaksinasi Covid-19 Indonesia Naik ke Peringkat Empat Dunia

Diterima langsung oleh Kasi Survelians dan Imunisasi, Lidia Sanggut,S.Gz, Kasi Dokkes Polres Matim mendatakan stok vaksin yang tersimpan di Gudang Farmasi sebagai berikut :

  • Coronavac (2 Dosis) : 4856 Vial ED 28 Maret 2022
  • Coronavac (2 Dosis) : 1022 Vial ED 18 April 2022
  • Coronavac (2 Dosis) : 2900 Vial ED 09 Juni 2022
  • Coronavac (1 Dosis) : 1000 Vial ED 20 April 2022
  • Astra Zeneca (10 Dosis) : 205 Vial ED Mei 2022
  • Pfizier ( 6 Dosis) : 348 Vial ED 20 April 2022.
Kapolres Matim ,AKBP I Ketut Widiarta,SH,SIK,MSi.didampingi Kabag Ops dan KasiDokkes Polres Manggarai Timur mendatangi Gudang Farmasi Kabupaten Manggarai Timur (Foto:Humas Polres)

Selain itu juga terdapat jenis vaksin yang sudah kadaluarsa yaitu Vaksin Moderna (10 Dosis) : 270 Vial, Pengiriman 15 Januari 2022. Saat ini menunggu perintah dari Dinkes Provinsi NTT untuk dimusnahkan.

Kapolres Manggarai Timur, menyampaikan bahwa pihaknya saat ini Gencar melaksanakan pendisiplinan Prokes melalui Operasi Kepolisian yang sedang berlangsung yakni Operasi Keselamatan dan Operasi Aman Nusa II, serta pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Gerai Polri Presisi.

BACA JUGA:  Sepanjang 2021, Kejari Manggarai Telah Menangani Beberapa Kasus Korupsi

“Hal ini bertujuan untuk menekan Angka penyebaran covid-19 di kabupaten Manggarai Timur yang sudah mencapai 569 kasus aktif pertanggal 13 Maret 2022 kemarin, serta upaya untuk mewujudkan terciptanya Herd Immunity kepada Maasyarakat di Kabupaten Manggarai Timur” tutupnya.

Laporan : Dodi Hendra