Berkunjung Ke Kampung Rinca: Melihat Lebih Dekat Aktivitas Masyarakat Yang Hidup Berdampingan Dengan Komodo

Img 20210728 wa0018 2 jpg webp

Labuan Bajo,Sorotntt.com- Sesuai Namanya, Kampung Rinca secara geografis berada di Pulau Rinca. Salah satu pulau besar dalam Kawasan Taman Nasional Komodo yang menjadi habitat hidup hewan endemik Komodo. Di Pulau Rinca sendiri terdapat dua kampung yakni Kampung Rinca dan Kampung Kerora diwilayah bagian selatan yang berhadapan langsung dengan Selat Molo, selat sempit yang terkenal memiliki arus laut yang sangat deras di Taman Nasional Komodo.

BACA JUGA:
Pengerjaan Proyek Gedung Centra IKM di Lembor Telah Selesai Dikerjakan

Kampung Rinca secara administratif masuk dalam wilayah Desa Pasir Panjang, salah satu Desa Wisata yang ditetapkan oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores bersama 30 Desa Wisata lainnya yang ada di Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama).

Keunikan Kampung Rinca adalah masyarakatnya yang hidup berdampingan dengan hewan Komodo yang sudah berlangsung lama. Masyarakat Kampung Rinca merupakan masyarakat pesisir yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.

BACA JUGA:
Kapolda DIY Hadir Rapat Pimpinan TNI-POLRI di Jakarta

Berkunjung ke Kampung Rinca, perahu nelayan yang berlabuh didepan kampung menjadi pemandangan yang sangat menarik. Rumah panggung khas pesisir berderet disepanjang garis pantai. Seperti rumah masyarakat pesisir pada umumnya, lantai bagian atas digunakan sebagai tempat tinggal, dan bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan peralatan nelayan sekaligus tempat untuk beraktivitas mengolah hasil tangkapan. Kampung ini juga dikenal sebagai tempat penghasil ikan teri terbaik.