Budaya ABS dan Tawaran Hankam Terintegrasi

debat capres keempat pilpres 2019

Jakarta, SorotNTT.com – Debat Capres tentang pertahanan dan keamanan, Capres nomor 02 Prabowo Subianto mengingatkan pesaingnya capres 01 Joko Widodo. Prabowo menyindir TNI terkait budaya asal bapak senang (ABS) di lingkungan TNI.

Capres Prabowo mengatakan itu, menanggapi pemaparan Jokowi mengenai radar-radar yang terkoneksi, mengenai penjagaan wilayah pinggiran oleh TNI.

“Saya berpengalaman  di tentara Pak. Budaya ABS banyak. Kalau ketemu panglima siap pak, aman semua, pak. Terkendali, pak. Radar cukup, pak,” kata Prabowo, dalam debat capres di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/03/2019) malam.

BACA JUGA:  Reuni Nasional 303, Relawan Pendukung Jokowi Deklarasi Jokowi 3 Periode

Tapi Jokowi kemudian menanggapi lagi pernyataan Prabowo, kalau mantan Danjen Koppasus itu kurang percaya dengan kekuatan TNI kita. Prabowo meminta, agar Jokowi tidak terlena dengan laporan-laporan yang diterimanya. Meskipun ia yakin, bahwa ini bukan kesalahan Jokowi.

“Saya tidak menyalahkan bapak. Ini budaya Indonesia, ABS. Ya ABS,” katanya.

Prabowo mengatakan, bahwa sebenarnya pertahanan keamanan di Indonesia masih sangat lemah. Anggaran pertahanan pun, walau sudah ratusan triliun tapi menurutnya terlalu sedikit.