dandim 1612 dan bupati manggarai meninjau lokasi longsor ruteng-reo

Dandim 1612 Manggarai Mendampingi Bupati Meninjau Lokasi Jalan Longsor Ruteng-Reo

Daerah Flores

MANGGARAI, SorotNTT.com – Setelah mendapat informasi bahwa jalan Reo-Ruteng longsor dan hampir putus, tepatnya di kampung Nunang, desa Salaman, kecamatan Reok, Kamis (24/1/2019), Dandim 1612, Letkol Inf. Rudy M. Simangunsong, S.Sos dan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH, MH langsung turun ke lokasi. Jalan ini merupakan akses jalan sangat vital karena melalui jalan ini pasokan BBM di kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur bahkan kabupaten Ngada didistribusikan.

Pemerintah Kecamatan Reok melalui Camat Reok bekerja sama dengan Danramil 1612-03/Reok, Kapten Inf. Totok Hariyanto serta Kapolsek Reok berkoordinasi dengan pemilik tanah yang ada di samping lokasi jalan longsor agar pemilik tanah bersedia untuk digunakan sebagai jalan alternatif sementara.

Pengerjaan jalur alternatif jalan Ruteng - Reo disaksikan oleh Dandim 1612 dan Bupati Manggarai
Pengerjaan jalan alternatif jalur Ruteng – Reo.

Dengan hasil koordinasi tersebut, pemilik tanah bersedia lahannya digusur sebagai jalan alternatif, dan dalam tinjauannya itu Bupati Manggarai dan Dandim 1612/Manggarai memantau kegiatan penggusuran lahan milik bapak Bene dengan menggunakan alat berat untuk membuka jalan baru sepanjang sekitar 20 meter.

Dalam kesempatannya Bupati Manggarai menyampaikan pembangunan jalan darurat tersebut dengan maksud agar jalur transportasi BBM dan barang lainnya serta transportasi penumpang dapat lancar.

Bupati menegaskan, ‚ÄúSebelum pengerjaan jalan darurat tersebut selesai, saya dengan pak Dandim tidak akan pulang!”

Bupati Manggarai dan Dandim 1612 meninjau lokasi longsor jalur Ruteng-Reo
Bupati Manggarai dan Dandim 1612/Manggarai meninjau lokasi longsor di jalur Ruteng-Reo

Pukul 01.00 Wita rombongan Bupati dan Dandim 1612/Manggarai bertolak menuju kota Ruteng yang jarak tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan, setelah pengerjaan jalan tersebut dinyatakan selesai. 

Dalam proses pembukaan jalan tersebut dilakukan pengamanan oleh anggota Babinsa Koramil 03 Reok bersama anggota Polsek Reok.

Sebelumnya sekitar pukul 09.05 Wita jalan yang menghubungkan Kecamatan Reok dan Kota Ruteng tepatnya di desa Salama mengalami longsor dan nyaris putus total setelah air sungai Wae Pesi mengikis pinggiran jalan akibat curah hujan yang cukup tinggi di Kota Ruteng dan sekitarnya. (TIM)