Gandeng Dukcapil Matim, Otoritas Kecamatan Lamba Leda Jemput Data Kependudukan ke Desa

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Sebanyak 1.243 warga wajib KTP-El Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) , Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  belum memiliki KTP-El dan data kependudukan lainnya.

Mengatasi hal ini,  pihak Pemerintah Kecamatan Lamba Leda bangun kerjasama dengan pihak Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  di wilayah itu untuk menjemput dokumen data kependudukan ke desa desa.

Hal ini disampaikan Camat Lamba Leda Albertus Rangkak,  SE kepada media ini Senin 01/09/2020 di ruang kerjanya di Benteng Jawa.

“Sebelumnya sebanyak 1927 warga wajib KTP-El belum memiliki KTP-El. Jumlah ini berkurang menjadi 1243 setelah 684 keping KTP-El dibagikan hari ini kepada warga dri 24 desa di Kecamatan Lamba Leda. Kami gandeng pihak Capilduk untuk jemput bola”, kata Albert,  sapaan akrab sang Camat

Dia menjelaskan,  pihaknya bersama para Kepala Desa secara maraton mengelilingi wilayah Lamba Leda melakukan perekaman dan pengumpulan data kependudukan warga bersama pihak Dukcapil.

“Kami keliling di enam titik lakukan perekaman dan pengumpulan data kependudukan. Bersama para Kepala Desa dan semua Prangkat Desa kami kerja sosialisasi dan hadirkan masyarakat di titik pengurusan dokumen dimaksud”, ungkapnya.

Keenam titik dimaksud lanjutnya,  mencakupi 24 desa dan 3 desa persiapan di Kecamatan Lamba Leda.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa keenam titik layanan perekaman dan pengumpulan data kependudukan itu mulai dari titik satu di Dampek Desa Satar Padut, melayani warga Desa Satar Padut Sendiri,  Warga Desa Satar Kampas,  sebagian Warga Desa Satar Punda dari Kampung Tumbak,  Warga Desa Haju Wangi dan sebagian warga Desa Lencur bagian utara.

Sedangkan titik dua kata Camat,  di Wae Tua,  melayani warga Desa Golo Mangung,  Warga Desa Golo Wontong,  sebagian warga Desa Golo Paleng. Sedangkan titik tiga di Ibu kota Kecamatan di Benteng Jawa,  melayani warga Desa Tengku Leda,  Desa Lamba Keli,  Desa Tengku Lawar,  Desa Golo Munga,  Desa Compang Deru,  Desa Golo Rentung, Desa Persiapan Compang Leda dan sebagian warga Desa Compang Mekar.

Untuk titik empat di Wae Nenda,  melayani warga Desa Golo Lembur,  Sebagian warga Desa Compang Mekar,  Sebagian Warga Desa Lencur,  warga Desa Golo Nimbung. Selanjutnya titik kelima dilakukan di Kampung Weleng,  melayani warga Desa Nampar Tabang,  Desa Golo Munga Barat,  Desa Liang Deruk dan sebagian Desa Satar Punda. Dan titik terakhir di Necak,  melayani warga Desa Compang Necak,  dan warga Desa Persiapan Bangka Kende, kata Camat Albert.

Lanjut Camat Albert,  sejauh ini tanggal 02/09/2020 sudah masuk ke titik yg keempat di Benteng Jawa.  Sedangkan untuk titik Golo Lembur di laksanakan pada tanggal 04/09/2020 dan titik terakhir hari sabtu tanggal 06/09/2020 di Necak.

Menjawab Media terkait partisipasi Masyarakat terhadap upaya Pemda Matim lewat pihak Kecamatan dan Dukcapil Matim, Sang Camat  menjelaskan,  antusias masyatakat sangat tinggi.

“Respon masyarakat sangat baik dan buktinya sangat banyak masyatakat datang urus dokumen dokumen kependudukan. Saking banyaknya masyarakat,  pelayanan dilakukan sampai malam hari”, ungkapnya