Himbauan Cuaca Ekstrim Bagi Warga Lamba Leda

20210129 203936 jpg webp

Borong, SorotNTT.Com-Cuaca ekstrim adalah kondisi cuaca yang bisa menimbulkan dampak kerugian baik jiwa maupun harta.

Hal yang lazim terjadi saat cuaca ekstrim antara lain hujan disertai angin, banjir dan longsor.

Kepada awak media, Jumat(29/01/2021) Camat Lamba Leda, Albertus Rangkak menyampaikan, Jika cuaca ekstrem sudah terjadi dan menyebabkan banjir, longsor, maka masyarakat dihimbau harus berlindung di tempat yang aman atau mengungsi.

BACA JUGA:  Shotokan Karate-Do Indonesia Cabang Manggarai Buka Pendaftaran Anggota Baru

Saat mengungsi atau berlindung ketempat yang aman, perhatikan anak anak dan anggota keluarga manula dan benda berharga seperti ijaza dan surat surat berharga.

Tapi jika cuaca ekstrim belum terjadi, maka masyarakat harus mengenali kondisi tempat tinggalnya dan potensi terdampak cuaca ekstrim, jelas Albertus.

Masyarakat harus mulai membiasakan diri mengetahui atau mengenal kondisi tempat/rumah berada apakah rawan bencana atau tidak.

BACA JUGA:  JNE dan AKUNITAS Mabar Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang di Flotom dan Lembata

Hal yang perlu dilakukan untuk mendeteksi dini bencana adalah
Observasi kondisi lingkungan tempat tinggal mulai dari kondisi tanah saat hujan tiba, lebih lebih rumah yang dibangun pada tanah kemiringan. Perhatikan pohon kayu sekeliling rumah yang tingginya melampaui rumah, bebatuan yang ada di ketinggian serta debit air pada saat musim hujan bagi rumah dipinggir kali atau sungai. Jangan berada sendirian dalam rumah saat malam hari atau saat hujan disertai angin kencang.