Jenjang Karir ASN di Instansi Pemerintahan

Oleh: Riska Sri Pertiwi Ho, SM  (Mahasiswa MM Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)

Dewasa ini, PNS menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Kerena jenjang karir yang bagus yang menentukan gaji dan tunjangan seorang PNS.

Seorang PNS nantinya akan mengalami peningkatan jabatan jika sudah memenuhi masa kerja dan kompetensi kerja yang telah di tetapkan. Pengangkatan jabatan ini mempunyai maksud agar para PNS memiliki jenjang karir dan dapat mengembangkan kemampuannya.

BACA JUGA:  Dandim Jembrana Tabur Bunga di TMP Kesatria Kusuma

Mengutip buku Sumber Daya Manusia tulisan Ulfa Hidayati, ada 4 golongan dalam pembagian jenis jenjang karir PNS, yakni golongan I, II, III, dan IV. Setiap golongan juga memiliki jenjang, misalnya golongan IA hingga ID. 

Golongan ini akan berpengaruh pada gaji dan tunjangan yang diterima PNS. Semakin tinggi golongannya maka semakin besar pula gaji dan tunjangan yang diterima. 

BACA JUGA:  Ketum DPP PWMOI Tunjuk Andre Lado Bentuk PWMOI Provinsi NTT

Tidak bisa dipungkiri bahwa globalisasi dan digitalisasi menuntut ASN, khususnya ASN milenial untuk menjadi generasi pembelajar. Tidak hanya menerima, tetapi juga beradaptasi dan mengikuti perubahan kearah yang positif.