Prabowo - Sandiaga Uno

Jokowi Menyapa Prabowo – Sandiaga Kawan Baik Saat Debat Capres

Nasional

Jakarta – Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin mendapat giliran pertama saat debat kandidat perdana yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta pada 17 Januari 2019.

Memulai pernyataannya, Jokowi menyapa calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dengan sapaan sebagai teman baik. “Yang saya hormati, Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno, kawan baik saya,” ujar Jokowi di Hotel Bidakara, Jakarta pada 17 Januari 2019.

Usai giliran Jokowi menyampaikan visi-misi, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mendapatkan giliran selanjutnya. Prabowo tak menyapa Jokowi dan Ma’ruf Amin maupun peserta yang hadir. Seolah tak ingin menyia-nyiakan waktu, Prabowo langsung menyampaikan visi dan misi.

Sesi pertama merupakan penyampain visi misi. Kedua pasangan calon diberi waktu memaparkan visi misi dengan durasi 23 menit 15 detik. Adapun Jokowi sempat kehabisan waktu sebelum mengakhiri kalimatnya, sehingga Ma’ruf Amin juga tak mendapat kesempatan melanjutkan. Sementara itu, Prabowo telah menyelesaikan kalimatnya sebelum 20 detik terakhir, sehingga Sandiaga Uno sempat melanjutkan penjelasan Prabowo Subianto.

Debat malam ini bertemakan hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat kandidat ini berlangsung selama 90 menit ini dan dibagi ke dalam enam segmenta. Segmen pertama, setiap pasangan calon memaparkan visi misi dengan durasi 23 menit 15 detik.

Selanjutnya, segmen kedua berisikan pendalaman visi misi tentang hukum dan HAM selama 15 menit 30 detik. Pada segmen ketiga, pasangan calon diberi waktu mendalami visi misi tentang isu korupsi dan terorisme, selama 15 menit 30 detik.D

Debat antarpasangan terjadi pada segmen keempat. Di segmen ini, setiap pasangan calon berkesempatan saling bertanya dengan durasi waktu 13 menit. Selanjutnya, segmen kelima juga berlangsung saling tanya antarpasangan dengan durasi 13 menit. Adapun, pada segmen terakhir yakni keenam, akan diisi dengan pernyataan penutup dari kedua pasangan calon. KPU memberikan waktu selama 11 menit 30 detik untuk keduanya menyampaikan closing statement.

Usai, semua segmen selesai, akan diadakan konferensi pers dengan tim sukses 01 dan 02, secara berbarengan. Konferensi pers ini juga diharapkan dihadiri langsung oleh para ketua tim sukses dua kubu untuk memberikan pernyataan pascadebat.

Editor:Marselin
Sumber:Tempo.co