Kontroversi Uang Pangkal dan Dasar Hukum Berdirinya Forum Komunikasi Keagenan Kapal di Labuan Bajo, Ini Penjelasan Ketua FOKAL

IMG 20240531 205542

Labuan Bajo, Sorotntt.com – Kehadiran Forum Komunikasi Keagenan Kapal (FOKAL) Labuan Bajo sebagai organisasi baru di kalangan pengusaha keagenan kapal menimbulkan beragam reaksi, terutama terkait besarnya nilai uang pangkal dan iuran anggota yang dirasa memberatkan calon anggota baru. Pertanyaan pun mencuat: untuk apa uang pangkal sebesar itu dikenakan kepada anggota baru?

BACA JUGA:  Bupati Manggarai Apresiasi Dukungan DPR RI 

Selain itu, kehadiran Fokal Labuan Bajo juga dipertanyakan oleh beberapa pihak, termasuk pengusaha keagenan kapal. Mereka menyoroti adanya Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) sebagai wadah resmi yang sudah menaungi para pengusaha keagenan kapal. Mengapa perlu ada FOKAL di Labuan Bajo, jika sudah ada ISAA?

Seperti halnya pernyataan dari Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Keagenan Kapal Indonesia (ISAA) Provinsi NTT, Usman Husin, yang diberitakan di beberapa media online beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa nilai uang pangkal dan iuran anggota yang ditetapkan FOKAL sangat memberatkan calon anggota baru.