Presiden Buka KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Sejarah Terukir Di NTT

IMG 20230510 WA0048 1 jpg

SOROTNTT.COM-Hari ini 10 Mei 2023, bertempat di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Provinsi NusaTenggara Timur dilaksanakan Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. Upacara Pembukaan KTT ASEAN tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh para pemimpin negara dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Sementara itu dari negara Timor Leste diwakili oleh Perdana Menteri. Untuk Thailand sendiri dihadiri oleh Deputi Perdana Menteri dan Myanmar mendelegasikan non political level dikarenakan konflik yang masih melanda negara tersebut.

BACA JUGA:  KPU Umumkan Hasil Pemilu, Prabowo-Gibran Jadi Pemenang Pilpres 2024

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan pembukaan mengungkapkan, persatuan ASEAN harus terus diperkuat untuk dapat mengambil peran dalam perdamaian serta juga pertumbuhan ekonomi.

“Saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, ASEAN harus jadi motor perdamaian dan pertumbuhan ekonomi. Kuncinya yaitu Persatuan. Sehingga kita menjadi pemain sentral dalam perdamaian dan pertumbuhan ekonomi global,” ungkap Jokowi.