Ribuan Umat Katolik Padati Alun-Alun “Natas Labar” Motang Rua Ruteng Mengikuti Ritual Jalan Salib

20240329 074339 scaled

MANGGARAI, SOROTNTT.Com-Ribuan umat Katolik dalam Kota Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT, memadati “Alun-alun ” Natas Labar Motang Rua Ruteng”, Jumat(29/3/2024) pagi.

Umat yang berasal dari tujuh wilayah paroki ini hadir untuk mengikuti dan melakasanakan ritual suci jalan salib untuk mengenang peristiwa kesengsaraan hingga kematian Yesus Kristus sang juru selamat.

BACA JUGA:  Wabup Matim dan Kapolres Manggarai Pantau Lokasi Kejadian Perkelahian Warga di Dataran Gising

Ke-7 paroki itu masing-masing, Paroki Kristus Raja Mbaumuku, Katedral, Cewonikit, Golo Dukal, Kumba, Karot, dan Paroki Redong.Umat sudah berkumpul sekitar pukul 06.00 pagi. Hampir semua mengenakan baju merah dan kain adat Manggarai.

Upacara itu diawali dengan prosesi lamentasi sekitar pukul 07.00 Wita dipimpin Vikep Ruteng Romo Dionesius Osharjo, Pr. dan Romo Ardus Noveri Pr, didampingi para imam pastor paroki dan imam rekan. Selanjutnya prosesi drama yang mengisahkan tentang peristiwa penangkapan Yesus di Taman Getsemani, proses pengadilan Yesus hingga penyaliban-Nya di Bukit Golgota.

BACA JUGA:  Pemprov NTT Rapat Koordinasi Akselerasi Pencegahan Korupsi Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kegiatan tablo ini dilakoni Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Kristus Raja Mbaumuku. Sejumlah umat yang hadir tampak sangat terharu dan mengikutinya dengan khusuk. Bahkan ada diantara mereka yang sampai meneteskan air mata, karena sedih mengenang peristiwa penyaliban Yesus.