Lediana Suweng yang menguburkan bayinya

Tidak Manusiawi, Seorang Ibu di Pong Lengor Tega Mengubur Bayinya di Belakang Rumah

Daerah Flores

Seorang bayi tidak bernyawa ditemukan di belakang rumah seorang warga, tepatnya di kampung Nggalang, Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai menghebohkan warga setempat.

Pihak kepolisian mendapat laporan dari seorang warga setempat yang bernama Larus Badur. Ia menyampaikan bahwa seorang perempuan yang bernama Lediana Suweng melahirkan bayi laki-laki (Minggu, 27 Januari 2019). Karena takut ketahuan orang lain akan kelahiran bayi tersebut, perempuan itu sebagai ibu kandungnya menguburkan bayi yang dilahirkan tanpa sepengetahuan orang lain.

Lediana Suweng dijadikan tersangka pelaku penguburan bayi, berdasarkan keterangan saksi kepada pihak kepolisian. Erlin sebagai bidan yang mengurus pelaku menjadi saksi dari kejadian itu. Ia menjelaskan bahwa ia mencurigai Ledia Suweng sehingga melakukan interogasi kepadanya. Hasilnya, ibu yang membunuh bayi itu mengakui perbuatannya.

Pencarian bayi yang dikubur ibunya diam-diam

Kejadian itu pun disampaikan kepada pihak keluarga oleh bidan tersebut dan memberitahukan letak kubur bayi tersebut. Kejadian itu langsung di laporkan oleh pihak keluarga ke pihak yang berwajib, agar tindakan yang dilakukan pelaku diproses sesuai hukum yang berlaku.

Untuk menindaklanjuti kejadian itu pihak kepolisian akan mengeluarkan surat laporan polisi (LP), membuat surat tanda penerimaan laporan (STPL), serta melakukan visum sampai mendapatkan hasil visum (VER). (Miky Tagung)