Seorang Pastor di Manggarai Sukses Beternak Kelulut, Ini Manfaat Air Madu Kelulut

20230124 070418 1
Seorang Pastor di Manggarai Sukses Beternak Kelulut, Ini Manfaat Air Madu Kelulut

Sorotntt.com – Jika sesekali  anda melintas di jalur Ruteng – Reo Km 12  tepatnya di halaman Gereja Paroki Santo Monfot  Desa Poco Kecamatan Wae Ri,i Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur anda pasti akan sedikit terkejut  melihat berjejeran puluhan  kotak kotak kecil yang  menyebar  di areal halaman paroki. 

Kotak- kotak kecil berbentuk persegi panjang itu merupakan tempat bersarangnya Kelulut  yang dalam Bahasa manggarai adalah “Coa”. 

BACA JUGA:  Kisah Haru Ibu Menyusui Derita Kanker
img 20230123 wa00732308677132933568176
(Pater Cosmas Ambo Bersama Tokoh Masyarakat Yustinus Sarimin Sa)

Kelulut adalah sejenis lebah, namun yang membedakan adalah ukurannya lebih kecil dan tanpa sengat, Selain lebah biasa pada umumnya, kelulut juga penghasil madu, rasanya manis seperti madu lebah. 

Namun terkadang bisa sedikit berubah rasa antara paduan manis, asem dan sedikt pahit. Tergantung saat musim yang dapat mempengaruhi keberlangsungan bunga. Sampai saat ini jumlah sarang yang dibuat kurang lebih sebanyak 40 sarang.

BACA JUGA:  Warga NTT Tertahan di Pelabuhan Sape NTB

Pater Cosmas Ambo Patan,SMM, Pastor Paroki Santu Monfort Poco, seorang imam muda asal Kalimantan menekuni budidaya kelulut sejak Tahun 2021.