Wae Rebo Juara I ADWI Tahun 2021 Kategori Daya Tarik Wisata

IMG 20211208 WA0021 4 jpg

Ruteng, SorotNTT.Com- Rasa bangga dan syukur tentu dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Manggarai atas pencapaian Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai – NTT, meraih juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 kategori Daya Tarik Wisata, Selasa 7 Desember 2021.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada 50 desa wisata yang memiliki prestasi berdasarkan kriteria penilaian dari Kemenparekraf. Ajang ini bertujuan untuk mendorong desa-desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia yang berdaya saing tinggi.

BACA JUGA:  Pemain Persematim Cetak Sejarah Gol Tercepat Soeratin Cup

ADWI 2021 telah dibuka pada 30 April dan ditutup 16 Juli lalu. Setidaknya sudah ada 1.831 desa wisata yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini.

Tujuh kategori penilaian dalam ajang ADWI 2021, yakni cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE; desa digital; suvenir (kuliner, fesyen, kriya); daya tarik wisata (alam, budaya, buatan); konten kreatif; homestay dan toilet.