Wae Rebo Juara I ADWI Tahun 2021 Kategori Daya Tarik Wisata

Ruteng, SorotNTT.Com- Rasa bangga dan syukur tentu dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Manggarai atas pencapaian Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai – NTT, meraih juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 kategori Daya Tarik Wisata, Selasa 7 Desember 2021.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada 50 desa wisata yang memiliki prestasi berdasarkan kriteria penilaian dari Kemenparekraf. Ajang ini bertujuan untuk mendorong desa-desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia yang berdaya saing tinggi.

ADWI 2021 telah dibuka pada 30 April dan ditutup 16 Juli lalu. Setidaknya sudah ada 1.831 desa wisata yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini.

BACA JUGA:  Pembangunan Mushola di Matim,Masyarakat Wae Reca: Kami Sangat Toleransi Tapi Jangan Tipu Kami

Tujuh kategori penilaian dalam ajang ADWI 2021, yakni cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE; desa digital; suvenir (kuliner, fesyen, kriya); daya tarik wisata (alam, budaya, buatan); konten kreatif; homestay dan toilet.

Kampung adat Wae Rebo meninggalkan 4 pesaingnya yaitu di juara dua Desa Arborek, juara tiga Desa Wisata Bonpring Sanankerto, juara empat Desa Wisata Senaru dan posisi paling buntut adalah Desa Wisata Sungai Batang.Piala penghargaan diterima oleh Ketua Masyarakat Adat Kampung Wae Rebo, Frans Mudir.

BACA JUGA:  Aktivitas Galian Pasir PT. Wijaya Graha Prima di Mabar Berjalan Sesuai Izin Yang Telah di Terbitkan Sejak 2019 

Kampung adat Wae Rebo pun berhak memperoleh hadiah satu buah piala dan uang sebesar Rp. 30 juta.

Penghargaan tersebut diterima oleh Ketua Masyarakat adat Kampung Wae Rebo, Fransiskus Mudir dan dihadiri Bupati Manggarai Herybertus Nabit.

Acara penyerahan penghargaan ini disiarkan secara langsung di Channel YouTube Kementrian Parekraf RI.