136 ekor hewan kurban disiapkan, untuk Hari Raya Idul Adha di Labuan Bajo

Daerah Flores

Labuan Bajo, SorotNTT.com – Bupati Manggarai Barat (Mabar)  Agustinus Ch Dulla, didampingi Tokoh Agama dan masyarakat muslim Gorontalo lakukan penyerahan hewan kurban  di halaman Masjid Nurul Huda Gorontalo Labuan Bajo, Minggu (11/8/2019).

Penyerahan hewan kurban secara simbolis itu dilakukan Pemerintah daerah dalam rangka perayaan Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijriah atau 2019 Masehi. Bupati Gusti dalam sambutannya mengatakan, berkurban harus dilandaskan dengan nilai-nilai cinta kasih dan persaudaraan. Selain itu lanjut Bupati Gusti, intinya yang terpenting adalah doa kita  harus menyertai para jemaah haji yang sedang tunaikan ibadahnya. Doa kita agar mereka yang sudah tiba dan kembali dalam kondisi sehat dan selamat.

“Pemerintah Manggarai Barat mengapresiasi kepada Panitia Hari Besar Islam, atas perubahan yang sangat signifikan, dari jumlah hewan kurban. Menurut Bupati Gusti, hal ini dinilai secara kasat mata,” tandas Bupati dua periode itu.

Pihaknya juga berterimakasih kepada para donatur yang dengan sukarela dalam cinta kasih dan persaudaraan yang kuat telah menyumbangkan hewan kurban pada hari ini.  Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Idrus Ahmad, menghimbau umat Islam Manggarai Barat untuk menjadikan Hari Raya Idul Adha sebagai momentum membangun solidaritas sosial. Pihaknya juga mengajak umat Islam setempat untul mengokohkan persatuan.

“Selaku Ketua dan pengurus PHBI Manggarai Barat, kami mengajak kepada seluruh umat Islam di wilayah Mabar yang hari ini merayakan kurban, untuk menjadikan hari raya Idul Adha sebagai momentum dalam membangun solidaritas sosial, memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan ukhuwah islamiyah, wathaniyah dan insaniyah,” kata Idrus Ahmad, Minggu  (11/8/2019) pagi di halaman Masjid Nurul Huda Gorontalo.

Di sela acara hari raya Idul Adha, PHBI juga mengumumkan rincian dan total hewan kurban dengan rincian sebagai berikut; Masjid Nurul Falaq: Sapi 4 ekor, kambing 9 ekor, jumlah 13 ekor; Masjid Altaqwah: sapi 3 ekor; Masjid Nurul Syuhada: Sapi 2 ekor, kambing 2 ekor, jumlah 4 ekor; Masjid Al Mubaraq: sapi 1 ekor ,kambing 5 ekor jumlah 6 ekor; Masjid Ataqir: sapi 3 ekor ,kambing 13 ekor, jumlah 16 ekor; Masjid Al Muhazirin: sapi 3 ekor kambing 17 ekor jumlah 20 ekor; Masjid Al Fatah: Sapi 2 ekor, kambing 1 ekor jumlah 3 ekor; Masjid Baiturahim: sapi 12 ekor, kambing 10 ekor jumlah 22 ekor, Masjid Al Ikhlas: sapi 4 ekor ,kambing 2 ekor jumlah 6 ekor; Masjid Nurul Iman: sapi 2 ekor kambing 1 ekor jumlah 3 ekor; Masjid Nurul Falah: sapi 10 ekor, kambing 2 ekor jumlah 12 ekor; Mushola Darusalam: sapi 2 ekor; Masjid Nurul huda: sapi 4 ekor, kambing 7 ekor jumlah 11 ekor; Mushola Al Amba: sapi 5 ekor,kambing 3 ekor jumlah 8 ekor; Madrasah Alyah: sapi 1 ekor ; sumbangan Pemprov Nusa Tenggara Timur : sapi 1 ekor; sumbangan Pemkab Mabar: sapi 4 ekor; hotel Pelangi: sapi 1 ekor. Dengan demikian total keseluruhan hewan kurban tahun ini terdiri dari Sapi 64 ekor dan kambing 72 ekor dengan total 136 ekor hewan kurban.

Jumlah jemaah haji kedua terbanyak di Nusa Tenggara Timur tahun 2019 dengan jumlah 166 orang jemaah haji berasal dari kabupaten Manggarai Barat. Hadir dalam acara tersebut Bupati Mabar Agustinus Ch Dulla, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardhono, Forkompinda, Camat Komodo Imran, ketua PHBI Manggarai Barat Idrus Ahmad, dan sejumlah Tokoh Agama, Imam Masjid Nurul Huda dan masyarakat muslim Gorontalo.

Laporan : Tim