Banjir bandang terjang puluhan hektare sawah siap panen di Tumbak Manggarai Timur

IMG 20240227 WA0209 jpg

MANGGARAI TIMUR, SOROTNTT.Com– Banjir bandang akibat luapan air sungai menghantam puluhan hektare sawah di Tumbak, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai, NTT. Akibatnya puluhan petani rugi  karena padi tak dapat dipanen.

Salah satu staf Satar Punda Syukur Heso mengatakan banjir bandang yang menghantam lahan sawah warga pada Senin 26 Februari 2024 tersebut berasal dari Sungai yang mengalir dari arah Desa Nampar Tabang, serta beberapa anak sungai lainya.

BACA JUGA:  Pemuda Desa Compang Deru Melaksanakan Mubes Pertama

“Ada sekitar puluhan hektare sawah di wilayah itu yang diterjang banjir bandang, semuanya terancam gagal panen kali ini karena padi yang siap dipanen sebagianya tertimbun tanah.

Pihak Penerintah Desa telah melakukan koordinasi dengan Badan Bencana Alam Kabupaten Manggarai Timur untuk penanganan lebih lanjut.

Banjir juga mengakibatkan saluran irigasi rusak parah yang membuat air masuk ke lahan sawah. Kami meminta agar kedepan pemerintah bisa memperbaiki saluran irigasi yang ada sehingga bisa kembali digunakan.

BACA JUGA:  SINERGI SELURUH ELEMEN UNTUK BERSAMA BERANTAS TPPO

Jika tidak diperbaiki maka sawah yang rusak tidak dapat difungsikan untuk produksi kembali, kata dia, sementara sawah yang rusak merupakan milik puluhan petani.