Bobol Gawang Malaysia,Ini Alasan Elkan Baggott Jadi WNI

Nasional Olahraga

Jakarta,Sorotnt.com- Elkan Baggott bersinar saat membantu Tim Nasional (Timnas) Indonesia melumat Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Ia menyumbangkan satu gol saat skuad Garuda menang 4-1 atas Malaysia dan hal itu mengingatkan kembali bahwa semua hal tersebut adalah alasan yang membuat Elkan Baggott memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Seperti yang diketahui, Elkan sejatinya bisa saja memilih untuk membela Timnas Inggris. Namun, ia nyatanya lebih memilih untuk memperkuad skuad Garuda.

Meski melewati serangkaian proses yang panjang, Elkan Baggott pada akhirnya kini sudah resmi menjadi WNI dan bisa membela tim senior Timnas Indonesia di pertandingan resmi seperti halnya Piala AFF 2020.

Tentu banyak pihak yang bertanya-tanya, dengan Elkan yang masih berusia 19 tahun dan memiliki potensi menjadi pemain top, mengapa pada akhirnya ia lebih memilih membela Timnas Indonesia? Jawaban pertamanya karena ia memilih Tanah Air karena keluarga.

BACA JUGA:  Forum Pemuda NTT Jakarta Buka Bersama Ratusan Brimob

Elkan Baggott mengaku lebih senang menjadi bagian dari Timnas Indonesia ketimbang Inggris. Namun, faktor kedua yang menjadi paling penting, di mana Elkan merasa fans Timnas Indonesia membuatnya merasa seperti di rumah sendiri.

Kehangatan para pendukung skuad Garuda pada akhirnya membuat Elkan Baggott luluh.Tak heran saat berhasil mencetak gol terakhir Timnas Indonesia di laga kontra Malaysia pada menit 82, Elkan langsung berlari dengan sangat semangat ke arah pendukung Garuda.

Teriakan dan selebrasi yang dilakukan Elkan Baggott dari hati itu terlihat sangat menyentuh. Para pemain langsung menghampiri Elkan dan memeluknya.Timnas Indonesia ternyata mampu memberikan kehangatan untuk Elkan.

BACA JUGA:  Ayo Budidaya Tanaman Porang

“Saya memilih Indonesia, karena pertama keluarga. Saya bangga merepresentasikan negara keluarga saya di Indonesia,” ucap Elkan Baggott, dari laman resmi PSSI, Minggu (19/21/2021).

“Alasan kedua karena fans yang membuat saya merasa seperti di rumah sendiri. Saya sangat terkesan,” lanjut pemain Ipswich Town tersebut.

“Dibandingkan dengan di Inggris, di Indonesia ada banyak sekali fans yang memberikan rasa cinta. Pengalaman ini sangat gila. Saya mengapresiasi cinta dari fans sehingga memilih ke Indonesia,” tambahnya.

Dengan bantuan Elkan Baggott itu, Timnas Indonesia pun lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B. Nantinya skuad Garuda akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Sementara sang runnerup Vietnam akan menantang Thailand untuk bisa melaju ke partai puncak kompetisi sepakbola terbesar di Asia Tenggara tersebut.