Di Ngada, Calon Gubernur NTT Frans Aba Diterima”Dalam Rumah Asal” Dengan Ritus Kago Mae

20230801 040736 1 jpg

SOROTNTT.Com-Popularitas Calon Gubernur NTT, DR. Frans Aba terus meningkat. Dirinya bahkan diterima dengan baik oleh seluruh kalangan masyarakat Provinsi NTT. Setiap daerah yang dikunjungi memberi respon positif akan kehadirannya. Bahkan mereka menyebut Frans Aba sebagai sosok yang layak memimpin NTT pasca duet Viktor B Laiskodat dan Josef Nae Soi.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Ngada, ibarat anak yang sudah lama tidak pulang kembali ke kampung halamannya, Frans Aba diterima secara adat dalam ritus Kago Mae di Rumah Gotong Royong Ngada, Kompleks Puskesmas Kota, Kelurahan Jawameze, Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada, 14-15 Juli 2023 silam.

BACA JUGA:  Kapolsek Aesesa Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Menjelang Natal dan Tahun Baru

Menurut Tokoh Masyarakat setempat, Nor Lobo, selaku Tetua suku dalam lingkaran Nua Lima Zua (Tujuh Kampung,red), Ritus Kago Mae merupakan ungkapan syukur yang umumnya dibuat bagi seseorang yang selamat dari suatu kejadian dan agar tidak tertimpa hal-hal buruk atau jahat lainnya di kemudian hari, atau juga ungkapan syukur bagi anggota keluarga yg sudah lama sekali tidak pulang dan dianggap tidak akan pulang selamanya ke kampung tapi sesewaktu pulang.